SHARE
Jatim Park II
Jatim Park II

Kabupaten Malang terletak di Provinsi Jawa Timur memiliki luas wilayah 353.065 hektar. Kabupaten ini terdiri dari 33 Kecamatan, 377 desa dan 12 Kelurahan dengan jumlah penduduk pada tahun 2004 sebanyak 2.284.352 jiwa dengan kepadatan 767 jiwa/km².

Geografis Kabupaten Malang merupakan daerah dataran tinggi yang dikelilingi oleh Gunung Arjuno, Gunung Anjasmoro, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Kelud, Gunung Panderman, Gunung Welirang serta Pegunungan Kapur di Malang Selatan, dan terletak diantara 112° 17’ 10,90” sampai dengan 122° 57’ 00,00” Bujur Timur dan 7° 44’ 55,11” sampai dengan 8° 26’ 35,45” Lintang selatan. Posisi Wilayah Kabupaten Malang terletak pada ketinggian 250 – 500 meter di atas permukaan laut, dengan kondisi daerah perlembahan atau dataran rendah, sedangkan daerah dataran tinggi pada ketinggian antara 500 sampai 3.600 meter di atas permukaan laut yang terdapat di daerah Malang Selatan, lereng Tengger Semeru dan disekitar lereng Gunung Kawi dan Gunung Arjuno.

Jatim Park II
Jatim Park II

Kondisi kelerengan Kabupaten Malang sebagian besar berkisar antara 2 – 15 % dan sebagian kecil memiliki kelerengan antara 0 – 2 %. Sungai-sungai yang mengalir di Daerah Kabupaten Malang antara lain sungai Brantas yang bermata air di daerah Kota Batu, Sungai Konto yang melintasi Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Sungai Lesti mengalir di Wilayah Kecamatan Turen, Dampit dan Sungai Amprong yang mengalir di Wilayah Kecamatan Poncokusumo dan Tumpang. Keseluruhan sungai-sungai tersebut mempunyai pengaruh yang besar bagi perekonomian yang bersifat Agraris.

VISI

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Malang Yang Beriman, Bertaqwa dan Berakhlaq Mulia, Damai, Demokratis, Berkeadilan, Berdaya Saing Tinggi Dalam Wadah Daerah Otonomi Kabupaten Malang yang Merupakan Satu Kesatuan Tidak Terpisahkan Dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI

Misi pembangunan Kabupaten Malang adalah sebagai berikut:

Keimanan dan Ketaqwaan

Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa demi terciptanya kemantapan persaudaraan umat beragama dan kondisi aman, damai serta ketenteraman masyarakat.

Supremasi Hukum

Mengupayakan tegaknya supremasi hukum dan hak azasi manusia berlandaskan keadilan dan kebenaran.

Kualitas Kehidupan

Meningkatkan kualitas kehidupan rakyat yang layak dan bermartabat terutama
terpenuhinya kebutuhan dasar yaitu : Pangan, Sandang, Papan, Kesehatan dan Lapangan Kerja.

Kedaulatan Rakyat

Menegakkan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pengamalan Pancasila secara konsisten.

Ekonomi Kerakyatan

Pemberdayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi Kabupaten Malang melalui pengembangan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan mengedepankan keberpihakan kepada pengusaha kecil, menengah dan koperasi sedangkan pada pengusaha besar dilakukan pembinaan terhadap kesadaran bahwa perusahaan adalah bagian dari masyarakat serta tanggung jawabnya terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Kualitas Sumber Daya Manusia

Meningkatkan sumberdaya manusia yang berbasis akhlak mulia, berwawasan kebangsaan, berwawasan lingkungan dan berdaya saing serta berdaya tahan terhadap pengaruh globalisasi.
Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme Mewujudkan aparatur pemerintah Kabupaten Malang yang berfungsi melayani masyarakat secara profesional, berdaya guna, produktif, transparan serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

PROGRAM STRATEGIS PEMBANGUNAN DAERAH

Empat prioritas pembangunan Kabupaten Malang yang memerlukan penanganan dengan segera sesuai issue strategis, antara lain :
1. Percepatan Proses Pemulihan Ekonomi Daerah
2. Perwujudan Supremasi Hukum dan Pemerintahan yang Baik
3. Kesatuan Bangsa dan Kesejahteraan Sosial
4. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah

PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN SUMBERNYA

Pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah dalam era otonomi rata-rata 6% per tahun; hal tersebut memang perlu kehati-hatian untuk peningkatan yang secara ekstrim, karena sumber Pendapatan Asli Daerah adalah pajak-pajak yang langsung bersentuhan dengan perekonomian rakyat seperti : pajak hiburan, hotel, restoran, reklame, penerangan jalan, bahan galian C, parkir, sarang burung walet. Pendekatan yang dilakukan adalah mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat, sedang penetapan tarif pajak memperhatikan rasio keadilan antara pertumbuhan ekonomi dengan peningkatan tarif pajak.

Tahun 2004 PAD Kabupaten Malang sebesar Rp. 37.985.901.865,52 untuk tahun 2005m ditargetkan sebesar Rp. 45.050.407.000,00.

POTENSI INVESTASI

Di Daerah Kabupaten Malang terdapat cukup banyak obyek-obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, baik untuk wisata alam maupun wisata budaya. Hal ini didukung pula dengan kondisi geografis yang ditandai dengan udara yang sejuk, aneka tanaman hias/bunga-bunga, aneka buah-buahan serta sarana dan prasarana jalan yang baik dan lancar, sehingga menjadikan daerah ini sebagai salah satu Potensi Wisata yang sudah dikembangkan keberadaannya yaitu meliputi : wanawisata, wisata agro, taman rekreasi, wisata peninggalan sejarah, wisata ziarah dan wisata gunung.

Pantai dim Malang
Pantai dim Malang

Dibidang kelautan dengan luas pantai 102,625 km, memberi sumbangan yang berarti bagi peningkatan pendapatan dan kesejateraan masyarakat, khususnya bagi para nelayan dan petani tambak, beberapa jenis ikan tangkapan yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai komoditas eksport adalah jenis ikan kakap, tuna, tongkol serta udang dari tambak – tambak yang berada di sekitar pantai selatan Kabupaten Malang. Adapun investasi yang layak perlu dikembangkan dalam bidang perikanan adalah pengalengan ikan, coolstorage dan sebagainya.

Layak pula ditawarkan sebagai potensi investasi dibidang peternakan yaitu dengan investasi penggemukan sapi potong, hal ini karena kondisi geografis yang mendukung serta jumlah populasi ternak sapi potong sampai dengan tahun 2004 sebanyak 111.715 ekor. Selain sapi potong yang layak pula untuk dikembangkan dan ditawarkan kepada investor adalah pengembangan sapi perah, ternak ayam ras dan budidaya kambing PE. Dengan luas areal perkebunan 22,62 % dari luas daratan di Kabupaten Malang, terdapat komoditas perkebunan yang layak pula untuk ditawarkan seperti komoditi kopi, teh dan tebu.

Untuk Sumberdaya alam Kabupaten Malang mempunyai banyak jenis bahan tambang golongon C seperti : pasir kwarsa, pasir, batu bintang, feldspar, dolomit, bentonit, phiropilit, kerikil batu, kalsit, oker, phospat, kaolin, tanah liat, toseki, trast dan zeolit sedangkan untuk bahan tambang golongan B seperti emas dan mangaan.

PARIWISATA

Pantai Batu Bengkung Malang

Lokasinya berada tepat kurang lebih 57km dari kota Malang ke arah selatan, yaitu di desa Gajahrejo kecamatan Gedangan, untuk menuju pantai batu bekung dibutuhkan sedikit perjuangan yang cukup menantang kekuatan fisik anda, perjalanan relatif cukup jauh namun itu semua tidak akan sebanding jika dibandingkan dengan pemandangan surga pantai yang cukup indah.

Anda akan melihat pantai berpasir putih bersih serta ukiran batu karang yang menawan mengelilingi pantai. Pantai ini sudah cukup terkenal dan sudah banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pulau Sempu Malang

Pulau ini terletak kurang lebih 75km dari kota Malang, terletak didaerah yang cukup terpencil dan tersembunyi di kota Malang. Untuk menuju lokasinya anda harus menyebrang dengan perahu kecil yang disediakan oleh penduduk setempat. Namun perjuangan anda untuk sampai ke pantai tidak hanya cukup dengan menyebrang saja, namun anda juga harus berjalan sekitar 1-2 jam melawati hutan untuk mencapai lokasi pantai segara anakan setelah turun dari perahu.

Masjid Tiban
Masjid Tiban

Tempo hari ketika team Travelling Yuk Bos! berkunjung kesana kami juga bertemu banyak sekali wisatawan asing yang juga rela jauh-jauh dari negeri paman sam berkunjung ke pulau misterius dan indah ini. Kami sangat menyarankan jangan datang ke pulau ini saat musim hujan tiba, karena medan yang anda lewati akan becek dan berlumpur, jika anda tidak siap maka anda akan sering terpeleset dan terjatuh.

Pantai Balekambang Malang

Yap! Ini merupakan salah satu tanah lotnya Malang Jawa Timur, Namun pemandangan disini juga tidak kalahloh dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Lokasinya Terletak kurang lebih sekitar 57km dari kota Malang ke arah Selatan, tepatnya di desa srigonco kecamatan Batur. Pantainya super duper indah dengan ombak yang bergemuruh sangat cocok sekali untuk berselancar di sini. Jika anda berniat berkunjung kesini jangan lupa untuk mengajak kami, baca selengkapnya > Belekambang Malang

Omah Kayu Atau Rumah Pohon Malang

Pemandangan yang fantastis jika anda berada di atas omah kayu, cocok untuk anda yang sedang mencari ketenangan, kesejukan, dan panorama alam yang tiada duanya. Omah kayu adalah penginapan unik yang ada di perbukitan, untuk menginap disini estimasi biaya yang anda butuhkan hanya sekitar 250-350rb permalam. Jika anda tidak berniat untuk bermalam maka anda hanya cukup mengeluarkan 5000-25000 rupiah saja untuk tiket masuk dan membeli camilan yang ada di sekitar lokasi.

Apasih yang menjadi daya tarik omah kayu ini? Disini para pengunjung akan dimanjakan dengan udara alam yang sangat sejuk di temani hembusan angin yang semriwing sepoi-sepoi. Rumah kayu ini berada di kota Malang, jadi bagi anda yang ingin berlibur jangan lupa masukkan rumah kayu ke daftar kunjungan anda. Oiya jika anda kesini jangan lupa membawa kamera ya, karena panorama yang indah ini sangat cocok untuk anda yang hoby selfie

Paralayang Tempat Wisata Uji Adrenalin Malang

Rasakan sensasi terbang melayang seperti elang diatas tebing-tebing, tumbuhan, rumah, yang bisa anda lihat ketika anda ber selancar di udara. Untuk anda yang sangat menyukai olahraga yang menguji adrenalin ini adalah pilihan destinasi yang sangat-sangat cocok rekomendasi dari kami

Pantai Sipelot Surga Yang Masih Perawan

Kami sarankan agar anda segera datang ke pantai ini sebelum banyak wisatawan lokal atau mancanegara mengunjunginya, karena pantai ini masih sangat “virgin” saat ini. Masih sedikit wisatawan yang tahu dan datang berkunjung ke sipelot. Lokasinya terletak di desa Pujiharjo Kabupaten Malang. Panorama pantai yang berpasir coklat dan laut yang berwarna biru jernih menjadi magnet tersendiri untuk menarik masyarakat dan wisatawan. Ombak di pantai ini cukup deras dan tinggi cukup berbahaya jika anda berenang disini. Namun anda tidak perlu khawatir karena disini terdapat coban sipelot (air terjun yang memiliki tinggi kurang lebih 10 meter)

Batu Night Spectacular (BNS) Malang

Keindahan malang di malam hari sudah tidak diragukan lagi, jika anda melihat dari atas gunung atau bukit anda bisa melihat gemerlap cahaya lampu yang sangat-sangat indah, namun tahukah anda? ternyata di malam hari juga ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi? Yap! BNS atau biasa saya sebut batu night spectacular merupakan salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan di malam hari. Anda akan melihat banyak sekali hiasan lampion berwarna warni memanjakan mata pemandangan. BNS sendiri memiliki jam operasional pukul 15.00 – tengah malam. Cocok sekali untuk anda yang mencari hiburan permainan di malam hari

Alun- Alun Kota Malang

Tempat kongkow/nongkrong gratis dilengkapi aneka jajanan kuliner yang tersedia di sekitar lokasi, selalu ramai setiap saat terdapat banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk menghabiskan waktu bersama teman, kekasih, dan keluarga tercinta disini. Setiap hari minggu alun-alun kota Malang menjadi tempat olahraga dan berbelanja pernak pernik masyarakat sekitarnya. Terdapat hiasan taman yang di desain menyerupai taman yang ada di Belanda ini memiliki puluhan burung merpati yang berterbangan bebas, anda juga bisa memberi makan burung tersebut seperti di negara Eropa

Jatim Park 1 Malang

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata hiburan yang menyediakan berbagai macam wahana sangat lengkap, menarik, dan menguji adrenalin. Tempat ini cocok sekali untuk dikunjungi semua kalangan baik untuk anak-anak, remaja, maupun dewasa. Bisanya tempat ini menjadi tujuan wisata untuk siswa, siswi, dan keluarga yang akan berlibur di Malang. Lokasinya terletak sekitar 20 Kilometer dari kota Malang di sebelah barat (ke arah batu). Salah satu wahana yang sangat populer adalah kolam renang raksasa dengan patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring. Jika anda berkunjung ke malang kami sarankan anda untuk berkunjung disini bersama keluarga anda

Jatim Park 2 Malang

Setelah sukses dengan berdirinya banyak wahana yang ada di Jatimpark 1 menjadi awal mula berdirinya jatimpark 2 sebegai pelengkap wisata hiburan yang ada di Malang. Namun Jatimpark 2 memiliki konsep yang jauh berbeda dengan Jatimpark 1 karena memiliki konsep bermain sambil belajar. Ada banyak sekali wahana yang tersedia seperti Zona Secret Zoo (Kebun Binatang), Zona Musium Satwa serta pohon in hotel (Rumah Pohon) aneka ragam satwa menjadi magnet tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung, baca selengkapnya > Jatim Park 2 Malang

Wisata Petik Apel Malang

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, bahwa kota Malang merupakan destinasi wisata super komplit dan akan membuat anda super betah untuk tetap tinggal. Perkebunan apel merupakan salah satu andalan dan ciri khas Malang. Tidak sah rasanya jika anda berwisata tanpa membawa buah apel dari kota Malang

Air Terjun Coban Rondo Malang

Waterfall atau dalam bahasa Indonesianya Air Terjun adalah salah satu wisata dambaan yang selalu dikunjungi para traveller. Kali kami akan bercerita sedikit tentang air terjun coban rondo, Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti Air Terjun dan Rondo dalam bahasa Jawa berarti Janda, jadi “air terjun janda”. Menurut legenda, air terjun ini ada karena kisah percintaan Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.

Legenda munculnya air terjun mengatakan konon dahulunya ada suami yang tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang sangat naksi dengan Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan sang istri dari Joko Lelono maka sejak saat itu pula di duga air terjun ini mulai ada. Air Terjun ini terletak di desa Pandansari Kecamatan Pujon, kurang lebih sekitar 12 Kilometer dari kota Batu

Air Terjun Coban Pelangi Malang

Terletak di sebuah Desa Gubuk klakah, Kecamatan Pancokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak dari kota Malang kurang lebih sekitar 30 Kilometer dan jika di tempuh dengan kendaraan menghabiskan sekitar 1 jam. Rute menuju coban pelangi sangat banyak karena banyak sekali petunjuk arah yang terpampang jelas di sepanjang jalanan.

Anda juga bisa berpatokan dengan jalur yang menunjukan menuju Gunung Bromo atau Gunung Semeru, namun lokasinya 2 kilometer setelah desa Gubuk klakah dan jangan khawatir karena ada petunjuk jalannya kok untuk menuju lokasi. Meskipun cukup jauh dan membutuhkan stamina ekstra untuk menuju lokasi namun di sepanjang jalan anda akan di manjakan oleh pemandangan alam hijau yang indah

Eco Green Park Malang

Sebuah tempat wisata yang sangat multifungsi, karena dengan berkunjung di sini anak-anak beserta orang tau bisa belajar bersama dengan melakukan wisata edukasi eco green park malang. Ada juga hiburan pertunjukan seperti Rangkong dan eagle show, fire dance, dan bird show. Eco Green Park sendiri berada bersebelahan dengan lokasi wisata Jatimpark 2, Batu Malang. Ada beberapa wahana unggulan yang ada di sini seperti rumah terbalik, jungle adventure, koleksi binatang yang unik, dan semua hal menarik lainnya

Museum Angkut Malang

Destinasi selanjutnya ini merupakan markas besar tempat kumpulan mobil-mobil antik. Sangat cocok untuk anda yang hobby berfoto atau selfie dengan backround mobil, motor, serta koleksi unik lainnya akan membuat foto anda semakin menarik.

Musium ini sangat unik sekali dan kami yakin anda tidak akan menemukan destinasi seperti ini di belahan Indonesia lainnya. Tidak hanya mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, dan Asia saja yang diparkir, namun juga koleksi motor-motor antik dari berbagai jaman nenek moyang andapun juga ada. Estimasi biaya yang di perlukan untuk membeli tiket sekitar 75.000- 100.000 rupiah saat ini

Masjid Tiban Malang – Wisata Religi

Ada juga wisata religi unik yang berada di Malang, setelah anda selesai mengunjungi semua tempat yang kami referensikan diatas, anda juga harus mampir di Masjid Tiban Malang yang memiliki desain bangunan cukup spektakuler. Memiliki desain bangunan mirip dari Timur Tengah dan juga memiliki cerita misterius, karena konon masjid ini dibangun bukan oleh manusia melainkan oleh tentara jin dalam satu malam.

Terdapat sekitar 9 lantai di masjid ini juga lengkap dengan toko souvenir, toko makanan ringan, dan juga area satwa. Desain arsitek dan ornamen interior yang ada dalam masjid ini menjadi daya tarik yang kuat untuk wisatawan dari berbagai penjuru daerah, karena bisa multifungsi sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata religi

Tujuh Air Terjun Sumber Pitu Malang

Destinasi satu ini merupakan salah satu lokasi yang masih jarang sekali diketahui wisatawan jadi masih sedikit pengunjungnya, namun memiliki pemandangan yang indah sekali, namanya sumber pitu atau dalam bahasa inggrisnya seven source dan dalam bahasa Indonesia tujuh sumber, Terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur. Menurut beberapa sumber yang kami tanya dan masyarakat setempat terdapat 7 sumber yang berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu sekarang.

Masih banyak yang percaya bahwa air terjun ini memiliki nilai magis bisa di bilang kepercayaan masyarakat tradisional, sehingga jangan heran jika masih ada orang yang sengaja datang melakukan ritual dan membawa air dari air terjun tersebut karena dianggap sebagai air suci. Namun meskipun masih memiliki nilai magis nan mistis air terjun ini cukup menawan jika di jadikan destinasi tujuan anda

Pantai Ngeliyep Super Indah Di Malang

Keindahan pantai ini bisa menjadi andalan liburan anda, mirip seperti pantai di Lombok, jadi jika anda tidak memiliki budget yang cukup untuk berkunjung di pulau Lombok pantai ini bisa menggantikannya, karena dari segi keindahannya ngeliyep tidak kalah dengan pantai-pantai yang terdapat di Lombok. Pantai cantik yang memiliki pasir halus ini berada 62 Kilometer dari Selatan kota Malang. Selain memiliki pasir yang putih pantai ini juga masih sepi dan belum banyak di kunjungi wisatawan

Air Terjun Coban Talun Malang

Memiliki jarak yang tidak jauh dari selecta, yaitu sekitar 3,5 kilometer dan berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu, Malang. Setelah anda tiba di parkiran pintu masuk coban talun anda masih harus berjalan kaki melawati hutan pinus yang sangat indah dengan udara sejuk, sebelum melewati hutan pinus juga harus melewati 2 aliran sungai jadi anda harus hati-hati ketika akan menyebrang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena pengelola sudah memasang tanda-tanda petunjuk jalan menuju coban talun.

Air terjun ini memiliki keindahan yang unik karena di bawahnya terdapat bebatuan yang besar-besar, dengan arus air yang jatuh sangat keras karena ditambah dengan hembusan angin yang kencang. Pemandangan disini memang cukup bagus tapi kami sarankan jangan terlalu dekat dengan batu-batu yang di aliran air ketika ingin selfie karena sangat licin

Gerbong Maut Di Museum Brawijaya Malang – Wisata Sejarah

Peninggalan sejarah yang sekarang disimpan di museum Brawijaya ini juga patut dikunjungi agar anda tahu serta mengingat sejarah perjuangan masyarakat Indonesia. Museum brawijaya terletak di Jalan Ijen Malang. Tidak hanya gerbong maut saja namun juga ada peninggalan sejarah seperti tank yang di gunakan dalam perjuangan pada 10 Nopember 1945, mobil dinas, senjata perang, topi baja, dan juga sepatu tempur yang memiliki nilai sejarah tak ternilai.

Namun menurut kami penginggalan paling legendaris disini adalah Gerbong Maut yang dulunya pernah mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Menurut cerita sejarah 100 pejuang ini dimasukkan ke dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surabaya. Saat tiba di lokasi banyak sekali tentara yang jatuh tewas karena kehabisan energi dan hanya ada 12 yang tersisa namun langsung di masukkan di penjara kalisosok Surabaya

Museum Malang Tempo Doeloe – Wisata Edukasi

Jika anda ingin tahu sejarahnya kota apel Malang, saya wajibkan anda untuk datang ke museum Malang Tempo Doeloe karena disini anda bisa melihat secara jelas sejarah kota malang yang sudah ada sejak tahun 1914 tersebut. Mulai dari pembentukan sejarah kota malang sejak ratusan tahun yang lalu sampai jaman kemerdekaan semua ada disini, untuk pengunjung tiket masuknya relatif murah cukup sediakan budget 5000-15000 rupiah

Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang

Setelah selesai berwisata ke berbagai tujuan wisata kini saatnya anda untuk merilekskan tubuh anda dengan mandi di pemandian air panas cangar untuk melepas lelah, penat, dan bau kecut keringat beraktifitas seharian penuh. Mandi dengan air panas mempunyai banyak sekali manfaat, selain membuat rileks otot-otot di sekujur tubuh yang tegang, juga berfungsi untuk menyembuhkan penyakit kulit. Tiket masuk ke pemandian terbilang sangat murah yaitu sekitar 5000-10.000 rupiah aja

Objek Wisata Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya Malang

Lokasi Agro Tawon ini berada di Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur. anda harus berkunjung kesini karena disini anda tidak akan hanya merasakan sensasi liburan namun anda juga akan banyak sekali belajar cara panen madu langsung dari sarangnya. Setiap sarang yang siap di panen berukuran sekitar 4cm x4cm dihargai 10.000 rupiah hingga 20.000 rupiah.

Buat anda yang malas dan tidak ingin ribet atau disibukkan dengan urusan panen memanen madu, anda tidak perlu khawatir karena disini anda juga bisa mencoba minuman seperti es madu, jus jambu madu, durian madu, serta berbagai varian produk lain yang masih berhubungan kental dengan lebah. Oiya ngomong-ngomong anda juga ingin dimadu apa ga? Hehe bcanda jangan terlalu serius. Oiya sekedar info aja, disini juga disediakan jasa terapi sengat lebah yang konon katanya bisa mengobati penyakit seperti kanker & stroke. Menarik kan?

Sumber Air Krabyakan Malang

Bersihkan tubuh anda langsung mandi dengan suasana alam yang akan membuat hati tenang, pasti seru kan? Sambil mandi anda juga bisa menikmati suasana alam di sekitar sumber air krabyakan Malang. Terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang. Untuk menceburkan diri disini anda tidak perlu merogoh kantong anda dalam-dalam, karena hanya di butuhkan budget 1000 aja

Rasakan Sensasi Memetik Teh di Kebun Teh Wonosari Malang

Seperti yang kami jelaskan di atas bahwa kota Malang adalah Gudangnya Wisata, mau anda ubek-ubek puter-puter kemapun pastideh bakal ketemu tempat wisata yang bagus. Mulai dari wisata alam, wisata hiburan, wisata pantai, wisata satwa, religi, gunung, waduk, bahkan ada banyak juga perkebunan yang bisa anda kunjungi. Jika anda ingin menikmati suasana perkebunan sambil memetik teh anda bisa berkunjung di Kebun Teh Wonosari Malang. Disini anda bisa berjalan-jalan mengelilingin kebun teh sambil menikmati udara sejuk. Anda juga bisa melihat pengolahan teh, bahkan anda juga di persilahkan untuk menyeduh teh secara langsung. Di sekitar area kebun teh ini anda juga bisa berenda di sebuah kolam air panas, outbound, berkemah, hingga melintasi jalur pendakian ke Gunung Arjosari

Waduk Selorejo Malang

Waduk/Bendungan Selorejo yang di bangun di tengah-tengah kecamatan Ngantang dengan tujuan untuk menampung air yang berasal dari sumber seperti sungai konto yang merupakan anak dari sungai Brantas. Tujuan di bangunnya Waduk ini adalah untuk mencegah banjir, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), budidaya perikanan, irigasi, dan sekarang juga di gunakan untuk tempat wisata karena memiliki suasana lingkungan yang sangat indah. Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan di sini karena terdapat pusat kulinet yang menjual berbagai macam menu makanan untuk wisatawan

Wendit Water Park Malang

Area Kolam renang yang biasa digunakan untuk pemandian ini biasa disebut masyarakat sekitar dengan nama Wendit Water Park. Lokasinya terletak di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang berada tepat di pinggir jalan raya yang menuju Gunung Bromo dan berjarak kurang lebih 8 kilometer dari alun-alun kota Malang. Untuk menjangkaunya juga cukup mudah anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik kendaraan umum, jika dari terminal Arjosari kota Malang, anda hanya cuku sekali saja naik angkot putih jalur TA (Tumpang-Arjosari)

Kaliwatu Malang – Rasakan Sensai Kebersamaan Saat Rafting

Jika anda datang berwisata beramai-ramai bersama keluarga dan sahabat anda bisa menguji adrealin anda dengan rafting di kaliwatu malang. Rasakan derasnya air yang mengalir mengombang ambing perahu karet anda. Wisata rafting ini sangat kami anjurkan untuk anda yang datang beramai-ramai karena bisa menambah kekompakan anda

Pantai 3 Warna Malang

Mungkin air yang ada di pantai ini sudah tercampur oleh cat-cat yang di bawa wisatawan (bcanda) sehingga airnya bisa berubah berkolaborasi seperti memiliki 3 warna, Pantai ini berada tepat di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. jalan masuk menuju pantai ini melalui pantai clungup yang tidak banyak orang tahu bahwa anda yang berkunjung disini harus melakukan reservasi terlebih dahulu

Pantai Clungup Malang

Pantai Clungup atau sebut aja Raja Ampatnya Malang. Keindahan yang ada di pantai ini tidak kalah dengan yang ada di Raja Ampat, sehingga bagi anda para wisatawan yang berasal dari dekat kota malang yang ingin merasakan surganya raja ampat namun tak memiliki banyak uang, anda bisa mencoba mengunjungi pantai clungup ini yang tentunya dengan harga yang lebih merakyat namun tetap bisa merasakan sentuhan alam yang menakjubkan

Teluk Kletekan Malang

Rasakan sensasi menyelam di dalam air yang sangat jernih ketika anda berkunjung di teluk kletekan, anda juga akan menemui hiasan batu-batu hitam yang terjejer acak di tepi pantai. Kedalaman air disini berkisar anatara 4-8 meter. Anda akan melihat indahnya terumbu karang dan juga ikan-ikan yang berwarna-warni ketika anda menyelam. Namun saran kami jika anda ingin bersnorkling ria di kletekan anda juga harus memperhitungkan kondisi cuaca saat ini karena ketika cuaca memburuk ombak di laut pantai ini akan semakin tinggi dan berbahaya

Sumber Sirah Malang

Siapa yang tidak ingin bersnorkling? Saya yakin banyak sekali wisatawan diluar sana yang berburu tempat snorkling terbaru. Namun anda tidak perlu khawatir karena disini anda bisa bersnorkling di sela-sela indahnya terumbu karang sambil di kelilingi satwa-satwa laut yang lucu-lucu. Air di sumber sirah ini juga sangat bersih dan terdapat tanaman laut yang bisa anda lihat tumbuh menjulang didasar air

Pantai Bolu-Bolu Malang

Bolu-bolu seperti nama kue ya? Hehe jangan salah, ini adalah nama pantai yang terbilang cukup ciamik untuk dijadikan destinasi tempat wisata anda nanti. Letaknya tidak terlalu jauh dari kota malang. Ada beberapa lokasi wisata juga yang letaknya berdekat-dekatan dengan pantai ini yaitu Banyu anjlok. Bagi anda yang suka berenang, disini adalah tempat yang sangat tepat untuk bersnorkling bersama ikan-ikan dilautan, tapi jangan lupa buat aja kami selfie di dalam air juga yaaaa hehe.

Air Terjun Banyu Anjlok Malang

Masih banyak sekali wisatawan yang belum tahu dengan keberadaan air terjun banyu anjlok yang sangat indah dan bersebrangan langsung dengan samudra yang sangat luas. Tempat ini di anugrahi keindahan yang sangat menakjubkan dengan air sangat jernih ditambah panorama di sekitarnya akan membuat anda enggan meninggalkan pantai ini.terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Pantai Lenggoksono Malang

Pantai ini berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang Jawa Timur. Terdapat ribuan satwa laut yang bisa anda temui disini seperti lobster, cumi-cumi, kerang, dan lain-lain, dan tidak jarang pula terlihat di sekeliling pantai banyak orang memancing, jadi jika anda hobby memancing jangan lupa bawa peralatan lengkap ya. Konon nama pantai ini berasal dari banyaknya pohon sono yang ada dilokasi, jalanan yang berkelok-kelok juga menyebabkan nama pantai ini menjadi “Lenggok sono”

Pantai Bajul Mati Malang

Bajul berasal dari bahasa jawa yang berarti buaya (crocodile) merupakan wisata pantai di Malang yang sudah cukup sangat terkenal berada disebuah Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Malang Jawa Timur. jika anda berangkat dari kota Malang anda bisa mengambil rute dari arah Turen dan berbelok ke arah selatan menuju Sumbermanjing lokasinya searah dengan pantai sendang biru (pulau sempu) dan pantai tamban. Dinakaman bajul mati karena konon pada tahun 1890 di temukan seekor bajul mati berada di lokasi pantai, dan ada juga mitos masyarakat yang mengatakan bahwa terdapat batu karang panjang yang menyerupai buaya di sekitar pantai

Pantai Kondang Merak Malang

Berada disebuah pesisir selatan tepi samudra Indonesia di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur Donomulyo Malang, Jawa Timur.memiliki jarak yang cukup jauh sekitar 68 kilometer dari kota Malang. Pantai ini berada dekat di sekitar Pantai Balekambang namun pantai ini masih terlihat lebih alami karena belum terlalu ramai. Konon dahulu kala penduduk sekitar seringkali melihat adanya burung merak datang ke pantai maka akhirnya dinamakan Pantai Kondang Merak. Tapi anda tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai ini tersedia banyak sekali fasilitas seperti penginapan, rumah makan, mushola, bahkan camping ground pun juga tersedia disini

Pantai Jonggring Saloko Malang

Lokasi pantai ini terletak di sebuah tempat terpencil bernama Desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, Jawa Timur. ini adalah kyangan yang di ciptakan di bumi Jawa Timur. saya jamin anda sangat-sangat rugi jika tidak mampir ke tempat ini. Jonggring saloko adalah nama kayangan yang ada di cerita legenda pewayangan. Untuk mencapai lokasi pantai ini terbilang cukup sulit karena saat ini jalanannya masih terjal berbatu kurang lebi 7 kilometer dan jika hujan turun akan sangat licin jalanannya, estimasinya sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Saya sarankan buat sobat Travelling Yuk Bos! Jika kesini jangan naik motor matic mending naik mobil double gardan atau motor gede

Pantai Kondang Iwak Malang

Panorama alam yang masih terbilang alami dan masih sedikit jepretan kamera yang mendokumentasikan membuat pantai ini bersih seperti belum terjamah. Anda sangat beruntung sekali karena anda sekarang membaca artikel yang kami tulis di catatan Travelling Yuk Bos! Buruan berkunjung sebelum banyak orang lain mendahului anda. Pantai ini terbilang cukup tenang dan memiliki panjang kurang lebih 1 kilometer. Lokasinya sedikit menjorok sekitar 10 meter dari bibir pantai dengan hiasan batu karang buatan sang pencipta

Waduk/Bendungan Sutami Karangkates Malang

Dahulu bendungan ini bernama bendungan Karangkates namun sekarang juga disebut dengan bendungan Sutami, lokasinya terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber air bendungan ini berasal dari sungai berantas, dan di bangun sekitar tahun 1975-1977 dengan dana kurang lebih Rp. 10.093 Milyar, tujuan pembangunan waduk ini adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), tidak hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik namun saat ini waduk Sutami juga digunakan sebagi destinasi para wisatawan

Air Terjun Coban Sewu, Grojokan Sewu atau Tumpak Sewu Malang

Air Terjun Di Malang
Air Terjun Di Malang

Coban Sewu merupakan salah satu dari ribuan air terjuan yang paling indah di Indonesia, terletak di perbatasan Kecamatan Ampelgading Malang dan Kecamatan Pranowijo Lumajang. Menurut saya sih air terjun coban sewu ini hampir mirip dengan coban pitu yang membedakan hanyalah jumlah sumber mata air yang ada di sini ini lebih banyak, dan karena lebih banyak itulah tempat ini dinamakan coban sewu/ tumpak sewu

Pantai Goa Cina Malang

Pantai ini berada di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumber Manjing Wetan Kabupaten Malang Jawa Timur. pantai ini tidak hanya di fungsikan sebagai tempat wisata saja oleh para pengunjung, melainkan ada juga yang berkemah di pinggir pantai.perjalanan ekstrim untuk menuju pantai ini akan terbayarkan ketika anda tiba di lokasi, karena pemandangannya tidak akan tersaingi dan memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai lainnya. Tapi anda harus ingat bahwa jangan sekali-kali untuk mencoba berenang di tengah pantai karena ombaknya sangat besar dan berbahaya. Namun anda tidak perlu khawatir karena di tepi pantai kondisinya juga masih bersih cocok untuk tempat bermain

PENGINAPAN DAN HOTEL DI MALANG

Penginapan Di Malang
Penginapan Di Malang
  1. NOVON HOTEL ARJOSARI ( Jl. Raden Intan No. 46, Malang/ +62341 409-429) – Rp 80.000 – Rp 140.000 per malam.
  2. HOTEL ARMI ( Jl. Kaliurang No. 63, Malang/ +62341 361-001) Rp 120.000 hingga Rp 200.000 per malam.
  3. HOTEL BAHAGIA ( Jl. Letjend Supratman No. 45, Malang/ +62341 491-930) Rp 60.000 per malam.
  4. WISMA BHAYANGKARA ( Jl. Pahlawan Trip No. 1, Malang/ +62341 553-308) Rp 40.000 – Rp 200.000 per malam.
  5. HOTEL CAMELIA ( Jl. Dr. Cipto No. 24, Malang/ +62341 322-426) Rp 80.000 hingga Rp 110.000. per malam.
  6. HOTEL GRIYADI ( Jl. KH Dahlan No. 40-42, Margosuko, Malang/ +62341 324-169) Rp 100.000 – Rp 200.000 per malam.
  7. HOTEL KOSABRA ( Jl. Gresik No. 2, Malang/ +62341 551-508) Rp 60.000 – Rp 70.000 per malam.
  8. JONAS HOMESTAY ( Jl. DR. Sutomo No. 4, Malang/ +62341 324-678) Rp 60.000 per malam.
  9. HOTEL KALPATARU ( Jl. Kalpataru No. 41, Malang/ +62341 484-484)  130.000 hingga Rp 250.000. per malam.
  10. HOTEL MALINDA ( Jl. Z. Arifin No. 37-39, Malang/ +6341 364-402) Rp 70.000 per malam.
  11. Hotel Mansion ( Jl. Martadinata No. 9, Malang/ +62341 364-946) Rp 60.000 per malam.
  12. Hotel Megawati ( Jl. Panglima Sudirman No. 99, Malang) Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per malam.
  13. HOTEL MENARA ( Jl. Padjajaran No. 5, Malang/ +62341 362-871) Rp 90.000 hingga Rp 160.000. per malam.
  14. HOTEL NUGRAHA ( Jl. Panji Suroso No. 16, Malang/ +62341 475-567) Rp 120.000 hingga Rp 270.000 per malam.
  15. HOTEL PAJAJARAN PARK ( Jl. Letjend Sutoyo No. 178, Malang/ +62341 491-347)  Rp 110.00 hingga Rp 250.000 per malam.
  16. HOTEL PALEM I ( Jl. Hasanuddin No. 40, Malang/ +62341 365-783) Rp 120.000 per malam.
  17. HOTEL PALEM II ( Jl. MH. Thamrin No. 15, Malang/ +62341 325-129) Rp 75.000 – Rp 95.000 per malam.
  18. HOTEL PELANGI II ( Jl. Gajayana, Malang/ +62341 553-70) Rp 150.000 – Rp 240.000 per malam.
  19. HOTEL ROYAL INN ( Jl. Tenaga Bari No. I/5, Malang/ +62341 494-40) Rp 120.000 hingga Rp 220.000 per malam.
  20. HOTEL EMMA ( Jl. Trunojoyo No. 21, Malang/ +62341 363-198) Rp 100.000 – Rp 160.000. per malam.
  21. HOTEL PINUS ( Jl. Sunandar Priyosudarmo No. 1, Blimbing, Malang/ +62341 485-234) dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 saja per malam.
  22. HOTEL SANTOSA ( Jl. K.H. Agus Salim No. 24, Malang/ +62341 366-889) Rp 130.000 per malam. ini berdiri sejak tahun 1975.
  23. HOTEL SIMPANG HOMESTAY ( Jl. Simpang Borobudur No. 41, Malang) Rp 102.000 per malam.
  24. HOTEL MARGOSUKO ( Jl. K.H. Ahmad Dahlan 40-42, Malang/ +623341 325-270) Rp 85.000 – Rp 150.000 per malam.
  25. HOTEL ARUMDALU BATU ( Jl. Arumdalu No. 4, Batu Malang/ +62341 591-266) Rp 50.000 hingga Rp 300.000 per malam.

INFRASTRUKTUR

Pada umumnya semua daerah di Kabupaten Malang telah dapat dicapai kendaraan bermotor dengan panjang jalan terbentang hingga ± 1.730 Km terdiri dari jalan negara ± 115 Km, jalan Propinsi ± 120 Km dan jalan Kabupaten 1.495 Km. Sedangkan jalan Desa cukup tersedia yang sebagian besar merupakan swadaya masyarakat, dalam tahun 2004 saja jalan Desa hasil swadaya yang didukung dana kemitraan Pemerintah Daerah terbangun hampir 350 Km.

Sedangkan di Kabupaten Malang terdapat pula lintasan jalur Kereta Api yang sangat dominan sebagai sarana angkutan barang/penumpang dengan tujuan ke kota Jakarta, Surabaya dan Madiun, serta telah buka pula lapangan terbang Abdul Rakhman Saleh untuk penerbangan komersial. Rencana Pembangunan Jalan Tol ke Surabaya diharapkan mampu menarik investor untuk berusaha di Wilayah Kabupaten Malang, terutama daerah Kecamatan Lawang, Singosari, Pakis dan Jabung, sehingga hal ini tidak menutup kemungkinan akan terwujudnya Kawasan Industri di Kabupaten Malang. Perhubungan laut dimana Kabupaten Malang memiliki potensi pantai ± 105 km dengan Zona Ekonomi Eksklusifnya, telah difasilitasi dengan peningkatan kapasitas pelabuhan pendaratan ikan di pantai selatan. Pelabuhan pendaratan ikan Sendang Biru tersebut diprogramkan menjadi pelabuhan Nusantara bekerjasama Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang dan Departemen Kelautan dan Perikanan.

Di bidang pendidikan jumlah Taman Kanak-kanak (TK) swasta 922 unit, SD/MI/swasta 1.459 unit, SLTP/MTS/Swasta 412 unit, SLTA/MA/Swasta 159 unit, jumlah guru negeri/swasta 26.511 orang dengan jumlah murid TK/siswa 446.078 orang. Rasio Guru dengan murid 1 : 17, namun rasio khusus guru negeri 1 : 40. Angka Partisipasi Sekolah SD 99,9%, SMP 58% dan SMA 25,4%.

Beberapa sekolah unggulan seperti Sekolah Menengah Kejuruan Keteknikan dengan kualifikasi Nasional dan Sekolah Menengah Kelautan bekerjasama dengan Departemen Kelautan dan Perikanan juga terdapat di Kabupaten Malang. Dalam rangka menumbuh kembangkan olahragawan terutama sepak bola yang merupakan olah raga utama masyarakat telah dibangun Stadion Olah Raga yang representatif dengan kapasitas 50.000 penonton, merupakan stadion terbesar di Jawa Timur.

Di bidang Kesehatan; jumlah rumah sakit 9 unit diantaranya 1 milik Pemerintah Daerah, Puskesmas 38 unit, Puskesmas Keliling dan Pembantu 138 unit, Balai Pengobatan lainnya termasuk Posyandu 2.744 unit, jumlah Dokter 79 orang dan Paramedis 1.144 orang. Rasio pelayanan kesehatan dilihat dari tersediaannya sarana 1 : 822 orang sedang rasio pelayanan dokter 1 : 30.380 dan rasio pelayanan paramedis dan non paramedis 1 : 1.963. Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat Rumah Sakit Daerah Kabupaten Malang telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Percontohan Nasional Tipe C Plus.

Dibidang telekomunikasi sampai dengan tahun 2004 tercatat 19 sentral telepon dan 71.801 pelanggan dari 74.677 ss kapasitas sentral. Sedangkan dibidang kelistrikan sampai dengan tahun 2004 telah 385 desa yang berlistrik dari 389 desa yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

Sumber – iqbalazharimahakatour

Loading...