SHARE
Kolam Pemandian Air Panas
Kolam Pemandian Air Panas

Karimun merupakan sebuah Kabupaten yang kecil namun terdiri dari ratusan pulau besar maupun kecil dan Berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Banyak dinasti yang patut anda banggakan dari kabupaten kecil ini, Mulai dari dinasti pantai, darat maupun gunung. Keindahan-keindahan yang ditampilkan dari dinasti kabupaten karimun patut diacungkan jempol, karena pemandangan yang begitu luar biasa untuk anda kunjungi.

Baca juga – 10 Tempat Wisata Sejarah Kabupaten Karimun yang Membuat Kamu ingin Belajar Sejarah

Dengan banyaknya dinasti Bahari, Karimun juga memiliki dinasti yang unik nan ajaib sehingga masuk dalam kategori dinasti “Wonderful Kepri” oleh karena itu dinasti yang satu ini merupakan satu-satu nya dinasti wisata yang ada di Provinsi Kepri. Jika anda sebagai warga negara Indonesia apalagi sebagai masyarat Karimun, anda wajib untuk mengunjungi dinasti ini. Dinasti ini diberi nama Kolam pemandian air panas. Keunikan dari kolam air panas ini adalah air panas yang entah datang dari mana dan asal muasal air panas ini, padahal tidak ada pegunungan. Kolam ini juga tidak mengandung belerang. Sehingga dikatakan bahwa kolam air panas ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Penasaran? Ayoo Kunjungi.

Kolam Pemandian Air Panas
Kolam Pemandian Air Panas

Kolam Pemandian Air Panas ini terletak di Desa Tanjung Hutan. Kolam ini juga di temukan oleh penduduk Tanjung Hutan yaitu Tok Baram dan Tok Haji Umar. Sempat sekali saya mengunjugi ditahun 2007 diwaktu masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekarang saya baru saja Selesai Kuliah. Hingga saat ini saya tidak pernah melupakan pengalaman saya ketika mengunjungi kolam Air panas ini. Namun yang perlu anda tau bahwa ada satu kolam yang di Pagari, karena Panasnya luar biasa dari kolam yang lain. Konon katanya jikalau memasukan satu Telur ayam, maka telur ayam tersebut akan matang dengan sendirinya. Wah menarik bukan??

Baca juga – Wonderfull Coastal Area Menjadi Wisata Terfavorite di Karimun

Namun Hingga saat ini belum ada perubahan yang signifikan terhadap perkembangan wisata kolam air panas. Padahal secara geografis letak Desa Tanjung Hutan sangatlah strategis untuk dijadikan sebagai desa wisata mengingat jarak dari kabupaten karimun hanya ± 30 menit berkendara. Sementara itu jarak Desa Tanjung Hutan dari Malaysia dan Singapura hanya ± 90 menit bila menggunakan feri. Dengan letak yang strategis ini, maka kolam pemandian air panas ini sangat berpotensi untuk menarik wisatawan dari mancanegara maupun masyarakat Indonesia sendiri yang jenuh terhadap kehidupan di perkotaan.

Anak-anak Dengan asiknya Bermain
Anak-anak Dengan asiknya Bermain

Alam pedesaan yang masih asri serta ditumbuhi banyak pohon kelapa menjadi pemandangan dan potensi alam di Desa Tanjung Hutan. Suasana inilah yang menjadi nilai jual bila dilakukan pengembangan wisata kolam air panas. Namun sayangnya, setelah melihat rancangan pengembangan wisata kolam air panas yang ditetapkan oleh pemerintah daerah dengan kondisi di atas tidak memiliki nilai jual. Pengembangannya juga tidak memiliki dasar penelitian yang mengkaji karakteristik alam dan lingkungan yang ada, sehingga yang terjadi hanyalah pembangunan proyek yang mengeksploitasi alam.

Merasalam sensasi panasnya kolam
Merasalam sensasi panasnya kolam

Namun untuk saat ini Wisata kolam Air panas sudah di renovasi karena dari Pantauan di lapangan, Sumber Mata Air Panas ini terletak di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru. Sumber Mata Air Panas tersebut sudah dikelola dalam bentuk sebuah kolam, sehingga pengunjung lebih mudah untuk memanfaatkannya. Apalagi kolam pemandian air panas ini berada jauh dari kebisingan kota. Sehingga sangat cocok untuk relaksasi. Di sekeliling kolam terdapat suasana perkampungan yang unik dan masih alami.

Baca juga – Mengagumi Indahnya Suasana Sunset Di Pantai Pelawan yang Eksotis

Yang perlu sobat tau tentang Fakta Kolam Air Panas :

  1. Kolam Pemandian Air Panas Terletak di desa Tanjung Hutan, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.
  2. Kolam Pemandian Air Panas ditemukan oleh Tok Baram dan Tok Haji Umar.
  3. Kolam Pemandian Air Panas 5 Kali di renovesi terakhir tahun 2016 dilanjutkan oleh pemerintahan Ainur Rafiq
  4. Kolam Pemandian Air Panas bisa merebus Telur Hingga Matang
  5. Kolam Pemandian Air Panas Berada tidak jauh dari Ibu Kota Kabupaten Karimun, untuk itu Layak bagi anda mengunjunginya.
  6. Kolam Pemandian Air Panas Memiliki penduduk yang kental dangan bahasa melayu aslnya, jadi anda akan merasa di negeri jiran padahan anda di Indonesia
  7. Kolam Pemandian Air Panas ini belum mempunyai angkutan umur yang biasa ada di perkotaan melainkan hanya ada ojek, namun siap antar jemput anda dan keluarga anda

Update : Ternyata di dabo juga ada. Nanti akan saya tulis dibagian ini. 🙂

Sejarah

Asal muasal kolam air panas diatas merupakan hikayat yang beredar di warga desa Tanjung Hutan. Kolam air panas ditemukan oleh Tok Baram dan Tok Haji Umar. Kolam air panas tersebut berada di atas tanah Tok Haji Umar. Pada Tahun 1964 kolam air panas dibuatkan beton keliling, dan tahun 1972 dibangun kolam renang ukuran kecil dimana pengelolaannya oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Riau pada saat itu. Selanjutnya tahun 2002 oleh pemerintah provinsi Kepulauan Riau dibuatlah perluasaan kolam renang. Tahun 2008 dibuatlah bangunan utama sumber kolam air panas, gazebo, serta wc. Tahun 2012 ada penambahan 3 buah gazebo dan penambahan 1 kolam dewasa.

Letak Geografi

Kabupaten Karimun terletak di antara 0o 35’ Lintang Utara sampai dengan 1o 10’ Lintang Utara dan 103o 30’ Bujur Timur sampai dengan 104o Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Karimun terdiri atas daratan dan perairan, yang secara keseluruhan kurang lebih seluas 7.984 Km2  yang terdiri dari dataran seluas 1.524 Km2  dan perairan seluas 6.460 Km2.Kabupaten Karimun merupakan sebuah kabupaten kepulauan yang terdiri dari pulau besar dan kecil.Kabupaten Karimun saat ini terdiri dari 249 buah pulau, dimana semua pulau sudah bernama dan hanya sebanyak 54 pulau yang sudah berpenghuni (Data terakhir hasil verifikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun).Dua pulau terbesar di wilayah ini yaitu Pulau Karimun dan Pulau Kundur menjadi sentra berbagai kegiatan ekonomi masyarakat dan juga pemukiman penduduk.

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984km2 dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah utara dengan negara singapura dan semenanjung malaysia
  2. Sebelah timur dengan Kota Batam
  3. Sebelah selatan dengan kecamatan ketaman dan kabupaten Indragiri Hilir
  4. Sebelah barat dengan Kecamatan Rangsang, kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Bengkalis, dan Kecamata Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Kabupaten karimun merupakan daerah Kepulauan dengan Jumlah pulau seluruhnya 198 buah yang tersebut pada 3 gugusan pulau-pulau, Yaitu gugusan kepulauan Kundur dengan jumlah pulau 58 buah yang baru di huni 17 buah, gugusan kepulauan Karimun sebanyak 48 buah yang dihuni 15 buah pulau, dan gugusan kepualauan moro sebanyak 92 buah pulau dan baru di huni sebanyak 35 buah pulau. Tentunya Desan Tanjung Hutan ini pada gugusan Kecamatan Moro dan bersebelahan langsung dengan pulau Batam.

Budaya Masyarakat setempat

Sebagian Masyarakat Pulau Sugi merupakan penghuni menetap dan sebagian lagi adalah pendatang, Kebudayaan Masyarakat pulau Sugi Merupakan Budaya Masyarakat Melayu. sekarang ini masyarakat Karimun
dipimpin Oleh orang yang benar-benar asli Karimun, Yaitu Bpk Ainur Rafiq sebagai Bupati Karimun. Jumlah penduduk Karimun semakin tahun semakin meningkat di tahun 2000 jumlah penduduk Karimun
mencapai 174.733 Jiwa dan pertumbuhan penduduk 10 tahun terakhir adalah 1,93% rata-rata pertahun. Dengan memiliki masyarakat yang Berazam Maka karimun meliki visi “Terwujudnya
Kabupaten yang maju, Mandiri dan Berbudaya, dilandasi Iman dan Taqwa”.

Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada Kolam Pemandian Air Panas adalah kebanyakan Petani dan sebagian Nelayan.

Lokasi Menuju Wisata dari berbagai tempat

Secara Geografis untuk menuju ke kolam air panas ini yang berada di desa tanjung hutan, jika anda di Karimun, anda bisa menaiki Pompong atau speedboat yang berada di pelabuhan
untuk menuju ke tanjung hutan. ongkos berangkat ke lokasi tidak begitu mahal, rata-rata hanya mengeluarkan Rp. 20.000, tiba di pelabuhan tanjung hutan anda bisa naik ojek,
untuk naik ojek sekitar 10-15ribuan.

Kondisi Jalur Wisata

Kondisi Jalur wisata Kolam Pemandian Air Panas terbilang bagus dengan 2 Kendaraan yang ditumpangi, yaitu kendaraan darat dan laut. Jika Menggunakan kapal laut, waktu
tempu sekita 30Menitat hingga menuju ke Pelabuhan Tanjung Hutan, dan naik ojek sekitar 15 menitan hingga tiba di Kolam Pemandian Air Panas.

Fasilitas Wisata

Fasilita Wisata yang ada di Kolam Pemandian Air Panas adalah :
– Kolam pemandian Air Panas
– Dapat melihat uniknya Pemandangan desa Tanjung Hutan yang masih Asri
– Ada Mushala
– Ada Toilet
– Ada tempat Bilas

Paket Wisata

Untuk paket wisata bisa hubungi nomor yang tertera dibawah.

No Kontak Jasa Paket Wisata

Promotion Departement
Address:
Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

Jadwal Kapal

jadwal Kapal Dari Batam Ke Karimun, dan dari Karimun ke Batam diambil dari sini
Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Mv. Oceanna (update Februari 2015) :
Dari Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun :

Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai KarimunTanjung Balai Karimun menuju ke Harbour Bay Batam
07.15 WIB
09.00 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB
07.00 WIB
09.15 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB

Peta Kabupaten Karimun

Loading...