SHARE
Pantai Timun
Pantai Timun

Berada di desa Kundur, kecamatan kundur barat, pantai ini bisa jadi destinasi altenatif untuk dikunjungi, terutama bagi anda para traveler sejati yang suka akan wisata pantai. Parasnya cantik, view sekitar yang ditawarkan juga tak kalah super.

Pantai Timun sangat mudah untuk di kunjungi dikarenakan posisi yang berada di Pantai ini tidak jauh dari jalan raya Sawang. Dari jalan raya yang menghubungkan kota Prayun dengan kota Sawang itu, letak pantai ini hanya berkisar seribu meter saja. Jalan untuk menuju ke Pantai Timun juga bagus, sudah beraspal hingga ke Pantai sehingga sangat mudah untuk dilalui berbagai kendaraan darat, termasuk bis sekalipun.

Pantai Timun
Pantai Timun

Jarak Kota Sawang ke Pantai timun sekitar delapan kilo meter dan dapat di tempuh dengan sepeda motor ataupun mobil. Dengan kecepatan sedang, paling-paling dengan hitungan 15 menit anda sudah bisa sampai disanan. Sementara kalau anda bertolak dari Kota Tanjungbatu, waktunya sedikit akan lebih lama sebab jaraknya cukup jauh, yakni kira-kira 26 kilo meter dan waktu tempunya bisa sampai satu jam.

Lanscpae Pantai Timun, seperti kebanyakan Pantai di Karimun, memiliki bentangan pantai yang landai. Airnya tidak begitu jernih tetapi pasir yang terhampar di tepiannya tergolong cantik, putih dan halus. Di sepanjang Punggungnya, berderet rapi pohon kelapa yang sebagian besar bertinggi lebih dari sepuluh meter. Yang istimewa, view depan pantai ini memberikan sajian pemandangan yang tak biasa oleh keberadaan dua pulau kecil yang berjarak sekitar dua mil dari garis pantai. Dari kejauhan , dua pulau yang diketahui bernama timun darat dan timun laut itu terlihat sangat jelas. Bentuknya tidak tinggi menjulang tapi lebih cenderung landai. Punggungnya, lebat ditumbuhi pepohonan tropis yang disela-sela juga terselip satu dua pohon kelapa.

Pantai Timun
Pantai Timun

Pasilitas di pantai Timun tergolong lengkap. Tidak kurang dari lima gazebo berdiri, sejajar dengan garis panti. Dibawanya terdapat kursi-kursi yang biasa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk santai sambari menikmati semilir angin laut. Beberapa diantaranya kerap dijadikan pengunjung sebagai area untuk berfoto-ria, mengabdikan momen-momen terbaik saat berada di Pantai timun.

Toilet dan kamar ganti juga tersedia di Pantai Timun. Meski pasilitas tersebut tidak terawat, namun masih layak untuk di gunakan. Letaknya, berdekatan dengan sebuah aula terbuka yang sepintas mirip sebuah panggung, yang menurut warga sekitar, bangunan itu kerap digunakan untuk menggelar berbagai acara seperti pesta pantai atau perayaan pergantian tahun.

Tidak tersedia kedai di Pantai Timun. Karena itu kalau hendak ke sana, bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya. Sementara itu, waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah kala weekdays. Tapi kalau berpegian di akhir pekan juga tak masalah. Hanya memang saat weekends, terutama hari minggu, pantai ini lumanya Ramai dikunjungi orang. Ya tinggal pilih saja sesuai selera anda.

Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor  Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada kundur adalah kebanyakan Petani dan sebagian Nelayan.

Fasilitas Wisata

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Batu Limau ini masih terbilang minim, untuk itu pemerintah Kabupaten Karimun melakukan renovasi dan pembangunan wisata-wisata favorite yang ada diwilayah Kabupaten Karimun.

Paket Wisata

Untuk paket wisata bisa hubungi nomor yang tertera dibawah.

No Kontak Jasa Paket Wisata

Promotion Departement
Address:
Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

Jadwal Kapal

jadwal Kapal Dari Batam Ke Karimun, dan dari Karimun ke Batam
Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Mv. Oceanna (update Februari 2015) :
Dari Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun :

Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai KarimunTanjung Balai Karimun menuju ke Harbour Bay Batam
07.15 WIB
09.00 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB
07.00 WIB
09.15 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB

Lokasi Pantai Timun

Loading...