SHARE
Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Rara Jonggrang atau lara jongrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu Terbesar di Indonesia candi ini terletak di Pulai Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan semarang persis di perbatasan antara provinsi Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di Desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antar Kabupaten Sleman dan Klaten.

Prambanan Wisata Candi Hindu
Prambanan Wisata Candi Hindu via http://www.wallpaperhd.pk/

Candi Prambanan adalah candi hindu terbesar di Asia tenggara, tinggi bangunan utama adalah 47m. Kompleks candi ini terdiri dari 8 kuil atau candi utama dan lebih daripada 250 candi kecil. Tiga candi utama disebut Trisakti dan dipersembahkan kepada Sang Hyang Trimurti: Batara Siwi sang penghancur, Batara Wisnu sang Pemilihara dan Batara Brahma sang Pencipta.

Baca Juga – Wisata Candi Borobudur Mahakarya Arsitektur Indonesia Abad ke 9

Candi Siwa ditengah-tengah, memuat empat ruangan, satu ruangan disetiap arah mata angin. Sementara yang pertama memuat sebuah arca batara Siwi setinggi tiga meter, tiga lainnya mengandung arca-arca yang ukurannya lebih kecil, yaitu arca Durga, skati atau istri Batara Siwa, Agastya, gurunya dan putranya, Ganesa. Arca Durga juga disebut sebagai Rara atau Lara / Loro Jonggrang ( dara langsing ) oleh penduduk setempat.

Sunset Sore Hari Di Prambanan via www.gettyimages.com
Sunset Sore Hari Di Prambanan via www.gettyimages.com

Dua Candi lannya dipersembahkan kepada Batara Wisnu yang menghadap kearah utara dan satunya dipersembahkan kepada Batara Brahma, yang menghadap kearah Selatan.

Baca Juga – Wisata Kuliner Gudeg Jogja dan Rahasia Resep yang Super

Lalu Relief di sekeliling dua puluh tepi candi menggambarkan wiracarita Ramayana. Versi yang digambarkan di sini berbeda dengan Kakawin Ramayana Jawa Kuna, tetapi mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan melalui tradisi lisan. Selain itu kompleks candi ini dikelilingi oleh lebih dari 250 candi yang ukurannya berbeda-beda dan disebut Perwara. Di dalam kompleks candi Prambanan terdapat juga museum yang menyimpan benda sejarah, termasuk batu Lingga batara Siwa sebagai lambang kesuburan.

Setelah membaca Wisata Candi Prambanan yang Diakui Sebagai Candi Tercantik Di Dunia yuk kita simak tentang paket wisatanya

Panorama Cantik Candi Prambanan via https://www.pixoto.com
Panorama Cantik Candi Prambanan via https://www.pixoto.com

Data Singkat tentang Prambanan

  • lokasi : Jalan Solo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, 20 Kilometer dari kota Yogyakarta,
  • Jam Buka : Pukul 08.00-17.00
  • Tarif Masuk : Rp. 30.000,-
  • Fasilitas : Jasa Pemandu, Pasar Cinderamata dan Sandratari Ramayana
  • Transportasi ke Candi Prambanan : Dari Yogyakarta, Kita dapat langsung menuju jalan Laksda Adisucipto atau jalan Solo. Dari jalan Solo, kita terus telusuri ke arah timur sampai perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah. Ketika sampai di Perbatasan, maka akan terlihat candi Prambanan. Perjalan ini bisa diluai kendraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan transportasi umum, kita dapat menunmpang bus jurusan Solo dan turun di Prambanan

Menurut Wikipedia tentang Candi Prambanan

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram.

Baca juga – Wisata Gunung Bromo dengan Panorama Terbaik Se-Asia Tenggara

Paket Wisata Candi Prambanan

Paket Wisata yang di berikan njogja.co.id cukup menggiurkan bagi peminat wisata candi Prambanan

Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia menawarkan beraneka ragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati pesona wisata Jogja mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata pantai, wisata Gunung, wisata candi, wisata museum, wisata goa, wisata air terjun, dan tentu wisata kuliner Jogja yang beraneka ragam pula.

Kami menawarkan paket wisata Jogja dengan harga terjangkau dan relatif murah untuk membantu memperlancar liburan anda di kota Jogja ini. Jika diperlukan, kami siap membantu pula merekomendasikan tempat penginapan di jogja, hotel berbintang: hotel bintang 1 hingga bintang 5 yang ada di Yogyakarta sesuai dengan budget anda.

Kami siap menemani perjalanan wisata anda di Jogja dan anda akan memperoleh berjuta pengalaman dan kenangan yang berkesan. Fasilitas Paket Tour Jogja Paket wisata jogja (paket tour jogja) sudah termasuk biaya transportasi, tiket masuk semua wisata, biaya sewa jeep wisata ( lava tour ), sewa perahu boat ( rafting ), peralatan snorkeling ( paket snorkeling ), makan , air mineral selama tour di jogja, tissu, sediakan perlengkapan p3k, rekomendasi hotel / penginapan, guide lokal / tour leader rombongan, spanduk ( by request ), dan masih banyak lagi. Anda tinggal tentukan hari dan booking, kami akan persiapkan semua untuk liburan anda!

Paket Harga Untuk Candi Prambanan dan yang lainnya

Paket Tour Jogja – Njogja 2D1N Adventure And Heritage

Goa Pindul – Indrayanti – Candi Prambanan – Tamansari – Sentra Oleh – Oleh / Bakpia Pathok – Wisata Belanja Malioboro

  • 2 Orang Rp.1.339.000,-/orang
  • 3 orang Rp. 1.114.000,-/orang
  • 4-5 orang Rp.1.026.000,-/orang
  • 6-7 orang Rp. 1.007.000,-/orang
  • 8-11 orang Rp. 987.000,-/orang
  • 12-15 orang Rp. 930.000,-/orang
  • 16-18 orang – call –
  • 19-24 orang – call –
  • Di atas 24 orang – call –

Contact

Customer Service 1: Adhitya 0818-0416-2288 ( whatsapp )

  1. +0818-0416-2288
  2. adhieth@njogja.co.id
  3. 5A7D51F4

Customer Service 2:

Ria Adriani

  1. 0813-2727-1677 (whatsapp) +0813-2727-1677
  2. riaadriani@njogja.co.id
  3. 580905F

Customer Service 3: Lingga

  1. +62896-1055-5376 (whatsapp) +6282237204896
  2. linx.fog@gmail.com
  3. 5c540573

Video Tentang Candi Prambanan

Peta Menuju Lokasi Prambanan

Loading...