SHARE
Kawah Ijen
Kawah Ijen

Wisata gunung kawah ijen ( atau bisa disingkat menjadi kawah Ijen ) merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timun. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.443 meter dari permukaan laut dan telah meletus beberapa kali, yaitu pada tahun 1796, 1817,1913 dan 1936. Akibat letusan itu, sebuah kawah lebar, menganga dan menjadi danau dengan kandungan balerang.kawah ini merupakan salah satu danau kawah terbesar didunia.

Baca juga – Wisata Gunung Bromo dengan Panorama Terbaik Se-Asia Tenggara

Panorama kawah ijen saat malam via cjdwnews.wordpress.com
Panorama kawah ijen saat malam via cjdwnews.wordpress.com

Perjalanan menuju Kawah Ijen dapat ditempuh dari kota Bondowoso. Anda dapat menyaksikan indahnya perkebunan kopi dilereng gunung. Hasil perkebunan merupakan komoditas ekspor yang diunggulkan. Anda juga dapat menyaksikan Air Terjun Banyupahit yang mata airnya berasal dari Kawah Ijen yang berwarna antara hijau bening dan pekat.

Setelah cukup puas dengan air terjun, Anda dapat mulai menuju Kawah Ijen dengan mendaki sekitar 3 kilo. Di dalam kawah itu terdapat air berwarna hijau toska dan anda akan mencium aroma belerang yang begitu kuat. Untuk berjaga-jaga, bawalah masker untuk antisipasi iritasi saluran pernapasan. Anda juga dapat menyaksikan para penambang belerang. Mereka mendaki punggung gunung kemudian menuruni lereng kawah menuju dinding-dinding belerang yang akan dipecahkan menggunakan peralatan sederhana. Bongkahan-bongkahan belerang kemudian diangkung menggunakan keranjang dari bambu. Pada bulan agustus-September, Anda dapat menikmati bunga-bunga edelwaeiss kuning dan putih bermekarang.

Baca juga –  Wisata Raja Ampat di Juluki Coral Reef Paradise Surga Terumbu Karang Terbesar Di Dunia

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda dapat bertolak dari kota bondowoso dengan menggunakan angkutan umum. Dari arah Kabupaten Situbondo. Anda menuju Kecamatan Sempol dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari Desa Sempol, Anda dapat menyewa kendaraan Umum maupun Objek Menuju Pos Paltuding yang berjarak sekitar 15 kilo meter.

Kawah Ijen menurut Wikipedia

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Video kawah ijen

Paket Wisata Kawah Ijen

  1. Transportasi Mobil AC + Driver + BBM ( selama wisata )
  2. Tiket Masuk Ke Lokasi Wisata + Parkir Kendaraan
  3. Free Coffe / Tea di Rest Area Paltuding
  4. Makan Pagi 1x ( special menu khas Jawa Timur )
  5. Free Guide Lokal
  6. Free Tour Leader dari Kompak Tour
  7. Dokumentasi Foto ( Diharap bawa Flashdisk/memory 4 Giga )
  8. Air Mineral Selama Wisata
  9. Donasi Buat Anak Yatim ( Kompak Tour Peduli Yatim )

Biaya Tidak Termasuk :

  1. Biaya tidak termasuk transportasi dari kota asal menuju tempat meeting point
  2. Biaya tidak termasuk pengeluaran pribadi

Meeting Point di Stasiun / Terminal Banyuwangi, Jam 21.30 WIB

Tempat Yang di Kunjungi :

  1. Kawah Ijen
  2. Menikmati Keindahan Sunrise Kawah Ijen
  3. Melihat Fenomena Alam Api Biru “Blue Fire” di Kawah Ijen

Rute Pendakian kawah Ijen

Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang atau menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal. Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Alternatif rute adalah Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen. Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur adalah dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, selain itu wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

Baca Juga – Wisata Candi Borobudur Mahakarya Arsitektur Indonesia Abad ke 9

Peta Kawah ijen

Loading...