SHARE
Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Merupakan Bukit tertinggi dikawasan pergunungan Menorek yang terletak di Kabupaten Kulonprogo. Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat ini juga memiliki berbagai cerita dan mitos yang cukup kuat di Daerah dengan ketinggian sekitar 1.100 Meter di atas permukaan laut ini, orang bisa menyaksikan bentangan alam yang begitu indah. Jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari, orang bisa memandang secara bersamaan empat gunung besar Pulau Jawa Yakni Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dari tempat ini puncak Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas.

Baca Juga – Wisata Gunung Bromo dengan Panorama Terbaik Se-Asia Tenggara

puncak suroloyo wisata jogja yang tersembunyi via spotwisata.co
puncak suroloyo wisata jogja yang tersembunyi via spotwisata.co

Tempat ini juga mempunya kaitan sejarah dengan kerajaan Mataram Islam. Dalam kitab Cabolek yang ditulis ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sulta Agung Hanyokrokusomo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Kraton Kotagede kearah Barat, Petunjuk itupun diikuti hingga Beliau sampai di Puncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuh jarak 40km, mas rangsang merasa lelah dan tidur ditempat ini. pada saat itulah , Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa ditempat dia Berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksan.

Panorama Puncak suroloyo
Panorama Puncak suroloyo via www.tourbalijava.com

Selain itu, puncak ini juga diselimuti mitos sebagai pusat atau pusat titik tengah pulau Jawa. Sebagian masyarakat Jawa percaya, jika ditarik lurus dari utara ke selatan, serta dari Barat ke Timur di Atas pulau Jawa, maka akan bertemu di Puncak Suroloyo.

Baca Juga – Wisata Gunung Kawah Ijen dengan Pesona Blue Fire Hanya di Indonesia

Menurut Wikipedia Tentang Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta. Perbukitan yang memiliki ketinggian kurang lebih 2000 meter dpl ini membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari Puncak Suroloyo, wisatawan bisa melihat Yogyakarta dari atas awan dan bisa melihat langsung keindahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo terdapat tiga buah gardu pandang yang secara umum disebut pertapaan, masing-masing memiliki nama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran. Selain itu, Bukit Suroloyo juga merupakan tempat yang menyimpan cerita legenda. Legenda ini mengkisahkan seorang Raden Mas Rangsang yang kemudian hari bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo, bertapa untuk menjalankan wangsit yang datang padanya.

Data Tentang Puncak Suroloyo

  • Lokasi : Dusun Keceme, Kelurahan Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, KulonProgo
  • Jam Buka : 24jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Parkir : Untuk motor Rp. 2.000 dan Mobil Rp. 5.000.
  • Fasilitas : Tiga buah gardu pandang
  • Transportasi kepuncak Suroloyo
    Ada dua jalur untuk bisa mencapai ini yakni jalan Godean – Sentolo – Kalibawang dan dari jalan Magelang – pasar mutilan – kalibawang , jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Sampai saat ini daerah ini memang hanya bisa dicapai dengan kendraan pribadi saja.
Puncak Suroloyo Sunset
Puncak Suroloyo Sunset via tekooo.com

Paket Liburan Ke Puncak Suroloyo

Paket menginap & menikmati alam wisata suroloyo :

  1. Menginap dikotej untuk 2 orang 1 kotej, kamar mandi dalam, makan 1 kali + minum + snek Rp.120.000,00 / 12 jam.
  2. Menginap dihomstey untuk 2 orang 1 kamar, makan 1 kali + minum + snek Rp.40.000,00 / 12 jam.
  3. Menikmati keindahan alam sunrise, sunsite, pemandangan alam wisata suroloyo GRATIS.
  4. Retribusi masuk lokasi wisata Rp.2000,00 / orang.
  5. Retribusi mobil masuk Rp. 3000,00.
  6. Retribusi motor masuk Rp. 1000,00.
  7. Jika menginap lebih dr satu hari kami ada catering & pesan sesuai permintaan harga menyusul.

Paket Aula / meting room :

  1. Sewa aula Rp. 350.000,00 / 12 jam.
  2. Fasilitas : a. soun system mini.
  3. kursi dan meja untuk 50 – 100 orang.
  4. kamar mandi 3.
  5. listrik 1300 watt.
  6. Jika mau menggunakan soun system sedang paling rendah Rp. 150.000,00 / 12 jam.
  7. Jika mau soun system yang lain harga menyesuaikan.
  8. Katering untuk makan, minum dan senek tergantung permintaan, kami siap harga menyesuaikan.

Keliling kampong, melihat aktifitas petani, melihat & belajar membikin the, kopi, peyek pegagan dll, Wisatawaan dengan mengeluarkan uang Rp 15.000,00 / orang wisatawan bisa membawa oleh 2 the , kopi dan peyek dan anda bisa belajar & melihat pemprosesan semua oleh – oleh khas puncak suroloyo. Wisatawan bisa memetik daun the trus dibikin juga bisa.

Paket trekking dari suroloyo sampai candi Borobudur harga menyesuaikan tergantung jumlah orangnya. Selamat berlibur kewisata kami. Info via hp di 0817716776 dan 082337741414.

Video Tentang Puncak Suroloyo

Peta Lokasi Puncak Suroloyo

Loading...