SHARE
Keindahan Coastal Area Karimun
Keindahan Coastal Area Karimun

Tanjungbalai Karimun merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Kepulauan Riau. Anda cukup mengelilingi seisi kota hanya 2 jam dengan menggunakan sepeda motor. Penduduknya juga sangat ramah-tamah untuk menerima setiap pendatang yang ingin berkunjung. Selain itu Potensi Wisata Karimun juga menjanjikan, Berbagai wisata yang ada di Tanjungbalai Karimun merupakan wisata Bahari jadi untuk wisata Hetarage seperti candi di Karimun tidak ada namun jangan salah, Karimun juga mempunyaiwisata batu Bertulis yang ada di Pasir Panjang.

Keindahan Coastal Area Karimun
Keindahan Coastal Area Karimun

Melihat Karimun dengan semakin pesatnya perkembangan daerah berazam dan banyak mendatangkan para artis ngetop dan grub band ternama di Indonesia mulailah wacana untuk membangun sebuah panggung rakyat yang besar, yaitu berpusat pada ibu kota Karimun, maka dari itu berdirilah Panggung Rakyat Coastal Area Tanjungbalai Karimun yang diberi nama “Putri Kemuning”.

Baca juga – Mengagumi Indahnya Suasana Sunset Di Pantai Pelawan yang Eksotis

Menikmati suasana indahnya Tanjungbalai Karimun, Terasa Kurang Lengkap Jika anda tidak mengunjungi Coastal area Karimun. Coastal area merupakan tempat terfavorit bagi wisatawan maupun masyarakat Karimun. Costal are juga dikenal dengan pusat Keramaian, setiap hari ada saja yang menikmati indahnya pemandangan yang ada di coastal area.

Coatal area Karimun
Coatal area Karimun

Dengan menjadi pusat keramaian masyarakat Karimun, Coastal area dijadikan sebagai area multifungsi seperti halnya bermain, arena olahraga, tempat kuliner dan menjadi tempat nongrong untuk setiap kalangan. Namun yang harus anda tahu bahwa coastal area pernah dijadikan tempat pergelaran MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga – Wisata Kolam Renang Tamara Sensasi Berenang dengan Mata Air Asli Gunung Karimun

Cosatal area dijadikan pusat di setiap acara-acara besar seperti menyambut hari Nasional maupun hari-hari besar karimun. Maka dari itu coastal area selalu saja dipadati oleh penduduk. Keramah-tamahan yang baik dari penduduk di tanjung Balai karimun merupakan asas melayu. Jika anda berada di Tanjungbalai Karimun, jangan heran mendengarkan logat dan bahasa yang digunakan, Karena penduduk karimun masih menggunakan bahasa melayu yang kental. Sehingga anda akan merasa seperti jalan-jalan di negeri Jiran, padahal ada masih berada pada negeri sendiri. wahh seru bukan?

jalan Coastal Area
jalan Coastal Area

Untuk menikmati suasana pemandangan emas Karimun dari sudut coastal area memang begitu indah, kapal-kapal yang berkeliaran, angin yang sepoi-sepoi setia menemani dan gelombang yang begitu aktif sehingga anda tidak akan bosan ketika berada di coastal area. Dulunya coastal area adalah sebuah pantai yang begitu panjangan, Dari desa taluk air hingga Tebing.

A photo posted by @lilyanimeilan on

baca juga – Wisata Pantai Telunas dengan Panorama Keindahannya yang Menjadi Surga Wisatawan Mancanegara

Jika anda ingin menikmati seluruh coastal area, anda cukup pergi dari ujung coastal area, karena diujung coastal terdapat Jembatan kuning yang cantik. Dari jembatan kuning ini anda bisa melihat keajaiban panorama gunung jantan Karimun. wah indah bukan? jika anda enggan menggunakan sepeda motor anda cukup joging untuk melihat panorama cantik dari jauh. waktu tempuh joging kemungkinan 1 jam dari coastal area. Anda akan disaksikan perbukitan dengan tanah merah khas Karimun.

indahnya malam di coastal area
indahnya malam di coastal area

Sebelum anda menginjakan kaki di Tanjungbalai Karimun, anda akan disambut terlebih dahulu oleh pemandangan coastal area, kenapa?? karena coastal area sangat berdekatan dengan pelabuhan Internasional Karimun, Jadi untuk kesana anda tidak perlu lagi Mencari Peta coastal area.

acara 17 di Coastal Area
acara 17 di Coastal Area

Yang perlu sobat tau tentang Fakta Coastal Area :

  1. Coastal Area Beralamat di Jl. Teluk Air, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun,
  2. Coastal Area dulunya merupakan salah satu pantai yang ada di teluk air, kini teluk air tidak memiliki pantai lagi,
  3. Coastal Area menghabisakan dana senilai Rp172 miliar lebih,
  4. Coastal Area dijanjikan awal tahun depan 2012 akan selesai,
  5. Coastal Area merupakan tempat wisata yang kurang di perhatikan oleh pemerintah,
  6. Coastal Area masih banyak tempat-temapat yang tidak dijaga ibaratkan, sudah dibuat habis-habisan namun tidak dijaga. ( Mudah-mudahan pemerinta segera memperbaiki )
  7. Coastal Area pernah dijadikan tempat MTQ tingkat Provinsi,
  8. Coastal Area merupakan tempat kuliner karimun yang sangat lengkap.
  9. Coastal Area dibuat pada masa pemerintahan Nurdin Basirun

Sejarah

Coastal area di resmikan pada tahun 2014, namun Proyek yang di kerjakan hingga saat ini masih belum selesai. Yang perlu anda tahu bahwa pengerjaan coastal area
dilakukan dalam 2 tahap yang pertama membutuhkan anggaran sebesar Rp 172 miliar dan untuk tahap kedua Rp121 Miliar. Dengan ini hasil dari 172+121= 293 miliar yang kita
rasakan, Kondisi coastal area yang begitu nyaman di tambah lagi banyak kuliner, tempat bermain, dan tempat tongkrong membuat coastal area semakin dimanjakan.

Letak Geografi

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984km2 dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah utara dengan negara singapura dan semenanjung malaysia
  2. Sebelah timur dengan Kota Batam
  3. Sebelah selatan dengan kecamatan ketaman dan kabupaten Indragiri Hilir
  4. Sebelah barat dengan Kecamatan Rangsang, kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Bengkalis, dan Kecamata Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Kabupaten karimun merupakan daerah Kepulauan dengan Jumlah pulau seluruhnya 198 buah yang tersebut pada 3 gugusan pulau-pulau, Yaitu gugusan kepulauan Kundur dengan jumlah pulau
58 buah yang baru di huni 17 buah, gugusan kepulauan Karimun sebanyak 48 buah yang dihuni 15 buah pulau, dan gugusan kepualauan moro sebanyak 92 buah pulau dan baru di huni
sebanyak 35 buah pulau. Tentunya coastal area pada gugus Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun.

Budaya Masyarakat setempat

Sebagian Masyarakat Pantai Pelawan dan sekitarnya merupakan penghuni menetap dan sebagian lagi adalah pendatang, Kebudayaan Masyarakat pulau Sugi Merupakan Budaya Masyarakat Melayu. sekarang ini masyarakat Karimundipimpin Oleh orang yang benar-benar asli Karimun, Yaitu Bpk Ainur Rafiq sebagai Bupati Karimun. Jumlah penduduk Karimun semakin tahun semakin meningkat di tahun 2000 jumlah penduduk Karimun mencapai 174.733 Jiwa dan pertumbuhan penduduk 10 tahun terakhir adalah 1,93% rata-rata pertahun. Dengan memiliki masyarakat yang Berazam Maka karimun meliki visi “Terwujudnya Kabupaten yang maju, Mandiri dan Berbudaya, dilandasi Iman dan Taqwa”.

Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada di Karimun adalah kebanyakan Pekerja PT. dan sebagian Nelayan.

Lokasi Menuju Wisata dari berbagai tempat

Untuk menuju ke coastal area bukan hal yang sulit karena lokasi coastal area berada pada pusat kota, dan merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi masyarakat Karimun, Dari pelabuhan saja sudah kelihatan bahwa coastal area berada tidak jauh. Namun jika anda berada di Pusat kota Balai anda bisa mengambil rute Pukesmas Karimun, setelah itu anda ikuti jalan aspal dan Kearah kiri trus kekanan dan maju sekitar 1 km, anda akan bisa menatap keindahan coastal area yang sebenarnya.

Kondisi Jalur Wisata

Untuk kondisi Jalur Wisata menuju Ke Coastal area, merupakan jalan yang baru, masih bagus dan tertata denga rapi, jadi jagan takut bahwa jalannya rusak dan bergelombang. maka dari itulah masyarakat karimun menjadikan coastal area sebagai tempat terfavorit di Karimun.

Fasilitas Wisata

Fasilitas Wisata yang ada di coastal area adalah sebagai berikut :

  1. Lokasi dengan Panorama yang mengasikan
  2. Sepatu Roda
  3. Mandi bola
  4. Main mobil dan motor untuk anak-anak
  5. kuliner masakan Khas Karimun yaitu lendot ada di coastal area.
  6. Bermain layang-layang
  7. Berbagai tempat pertunjukan di hari-hari besar

Paket Wisata

Untuk paket Wisata Coastal Area adalah

  1. Masuk : Gratis
  2. Parkir : Rp 1000
  3. Bermain sepatu roda setengah jam Rp 10000
  4. Mandi Bola Rp 5000
  5. dll

No Kontak Jasa Paket Wisata

Promotion Departement
Address:
Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

Jadwal Kapal

jadwal Kapal Dari Batam Ke Karimun, dan dari Karimun ke Batam diambil dari sini
Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Mv. Oceanna (update Februari 2015) :
Dari Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun :

Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai KarimunTanjung Balai Karimun menuju ke Harbour Bay Batam
07.15 WIB
09.00 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB
07.00 WIB
09.15 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB

video Wisata Coastal Area

Peta Coastal Area

Loading...