SHARE
Pantai Tanjung Ambat
Pantai Tanjung Ambat

Gaungnya tak sesanter Pantai Pongkar atau Pantai Pelawan, tapi soal rupa yang dihadiahkan dari Pantai tanjung Ambat tidak kalah elok dengan kedua pantai tersebut. Bahkan sebagian orang menyebutkan bahwa pantai ini lebih eksotis ketimbang pantai yang lainnya yang terkenal di Karimun. Satu lagi yang perlu dicatat, pantai ini masih terjaga ke alamiannya alias jarang terjamah orang.

Berada di kampung Teluk Dalam, Lubuk Puding kecamatan Buru, lokasi untuk menuju ke pantai Tanjung Ambat ini tidak terlalu sutit untuk digapai. Kurang lebih berjarak 2 kilo meter dari Pelabuhan Rakyat Pulau Buru. Kalau hendak kesana Anda bisa naik sepeda motor. Tetapi jika mempunya banyak waktu, Anda disarankan untuk berjalan kaki sambari melihat dari dekat perkampungan pulau Buru yang sebagian besar warganya berpotensi sebagai nelayan dan pekebun.

Pantai Tanjung Ambat
Pantai Tanjung Ambat

Terdapat sebuah gerbang bertinggi tiga meter lebih di jalur masuk menuju pantai ini. Di Tiangnya tertempel tulisan “Pantai Tanjung Ambat” sementara disisi kiri tertulis “Kelurahan Lubuk Puding” Posisinya persis ditepi jalan raya, jadi siapapun yang belum pernah ke sana, akan dengan mudah menandainya. adapun jalan masuk ke pantainya, masih berpemukaan tanah, namun untuk dilalui dengan sepeda motor sangat mudah atau juga dengan kendaraan roda empat. Jarak dari gerbang kepantai pun terbilang dekat, hanya beberapa ratus meter saja.

Sejatinya, pantai ini berada dekat dengan pemukiman warga. Karena itu dibeberapa titik anda akan jumpai rumah-rumah warga yang berdiri di punggung pantai. Tapi jumlahnya tidalah banyak. Bahkan di lokasi yang favorit dikunjungi orang, hanya terdapat dua tiga buah rumah saja. Itu pun jaraknya lumanya jauh yakni berada di sisi Selatan Pantai.

Landscape pemandangan pantainya sendiri,landai garis pantainya memanjang kira-kira dua kilo meteran. Tidak panjangan tetapi memiliki bentangan pasir yang lebar. Kalau keadaan lagi surut, bentangan pasir bisa mencapai hingga 40 meter dari biasanya. Sangat pas dijadikan kawasan untuk menggelar berbagai aktivitas olahraga pantai. Apalagi pasirnya terbilang bersih , putih dan berbulir halus. Sementara disisi punggung pantai , berjajar rapat pohon kelapa yang jangkung menjulang.

lanscape keindahan pantai tanjung ambat
lanscape keindahan pantai tanjung ambat

Karena elok itulah, sejak lama pantai ini jadi lokasi untuk menggelar berbagai acara yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Satu diantaranya adalah “Pesta Pantai” yang terhelat sekali dalam setahun. Dalam kegiatan itu, berbagai permainan rakyat diperlombakan diantaranya adalah lomba lari goni, dayung sampan hingga lomba menangkap bebek. Biasanya, hajatan yang diperuntukan Bagi seluruh warga pulau Buru ini dilakukan pada awal januari, yakni setengah malam perayaan tahun baru.

Selain berolahraga pantai, aktivitas lain yang bisa dilakukan dipantai adalah bersantai atau duduk-duduk ditepiannya. Bisa di kursi-kursi yang terbuat dari batang kelapa atau di sisi tanggul semen yang dibangun sebuah perusahaan penambagan di Karimun. Tapi jika anda bosan, susuri saja tepi-tepi pantainya hingga ke arah Tanjung Ambat yang terletak di sisi Selatan. Dijamin mengasikan.

Hanya, perlu anda catat, pantai ini tidak memiliki satupun kedai yang menjual makan atau minuman. Sebab itu, sebelum bertolak kesana, dipastikan anda memiliki bekal yang cukup untuk disantap bersama keluarga anda. Fasilitas yang juga tidak ada di Pantai Tanjung Ambat ini adalah Keberadaan Toilet atau kamar ganti. Tapi tak perlu risau, kalau memang terpaksa harus ke Toilet atau untuk keperluan membilas badan setelah berenang, anda bisa numpang ditoilet milik warga yang lokasinya berada tidak jauh dari bibir Pantai.

Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor  Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada Lubuk Puding adalah kebanyakan Petani dan sebagian Nelayan.

Fasilitas Wisata

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Batu Limau ini masih terbilang minim, untuk itu pemerintah Kabupaten Karimun melakukan renovasi dan pembangunan wisata-wisata favorite yang ada diwilayah Kabupaten Karimun.

Paket Wisata

Untuk paket wisata bisa hubungi nomor yang tertera dibawah.

No Kontak Jasa Paket Wisata

Promotion Departement
Address:
Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

Jadwal Kapal

jadwal Kapal Dari Batam Ke Karimun, dan dari Karimun ke Batam
Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Mv. Oceanna (update Februari 2015) :
Dari Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun :

Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai KarimunTanjung Balai Karimun menuju ke Harbour Bay Batam
07.15 WIB
09.00 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB
07.00 WIB
09.15 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB

Lokasi Pantai Tanjung Ambat

Loading...