SHARE
kebun raya bogor panorama

Istana Bogor didirikan Gurbernur VOC, Baron Gustaaf willem Van Imhoff pada tahun 1745, sebagai tempat peristirahatan di akhir minggu dan di hari libur. Kemudian dipakai sebagai kediaman resmi para gubernur jendral dan pejabat pemerintahan Hindia-Belanda sejak 1870 hingga 1942. Kini menjadi salah satu Istana Presiden Republik Indonesia. Istana yang Iuasnya 24 hektar ini pernah menjadi tempat diselenggarakannya Konfrensi Lima’Negara (India, Pakistan, Birma, Ceylon dan Indonesia) pada tahun 1954, APEC tahun 1994. Di dalamnya tersimpan sekitar 219 karya pelukis ternama dan 136 patung/keramik. Untuk masuk ke izin khusus dari Kepala Rumah Tangga Kepresidena n Bogor.

kebun raya bogor panorama
kebun raya bogor panorama

Pada tahun 1968 Istana Bogor resmi dibuka untuk kunjungan umum atas restu dari Presiden Soeharto. Arus pengunjung dari luar dan datam negeri setahunnya mencapai sekitar 10 ribu orang.

Bangunan dan ruangan di Istana Bogor

Sebelumnya Istana Bogor dilengkapi dengan sebuah kebun besar, yang dikenal sebagai Kebun Raya Bogor namun sesuai dengan kebutuhan akan pusat pengembangan ilmu pengetahuan akan tanaman tropis, Kebun Raya Bogor dilepas dari naungan istana pada tahun 1817. Istana Bogor mempunyai bangunan induk dengan sayap kiri serta kanan. Keseluruhan kompleks istana mencapai luas 1,5 hektar.

kebun raya bogor panorama
kebun raya bogor panorama

Bangunan induk Istana Bogor

  • Bangunan induk istana berfungsi untuk menyelenggarakan acara kenegaraan resmi, pertemuan, dan upacara.
  • Sayap kiri bangunan yang memiliki enam kamar tidur digunakan untuk menjamu tamu negara asing.
  • Sayap kanan bangunan dengan empat kamar tidur hanya diperuntukan bagi kepala negara yang datang berkunjung.
  • Pada tahun 1964 dibangun khusus bangunan yang dikenal dengan nama Dyah Bayurini sebagai ruang peristirahatan presiden dan keluarganya, bangunan ini termasuk lima paviliun terpisah.
  • Kantor pribadi Kepala Negara
  • Perpustakaan
  • Ruang makan
  • Ruang sidang menteri-menteri dan ruang pemutaran Film-film
  • Ruang Garuda sebagai tempat upacara resmi
  • Ruang teratai sebagai sayap tempat penerimaan tamu-tamu negara.

Karya seni di Istana Bogor

Banyak barang asti turun temurun yang oeraaa ai istana Bogor rusak, hancur, atau hilang pada masa Perang Dunia II. Karena itu, seluruh karya seni dan perabotan klasik yang berada di Istana Bogor bermula dari awal tahun 1950. Koleksi-koleksi karya seni dan dekorasi internasional banyak berasal dari hadiah negara-negara asing, yang memberikan aksen mewah di Istana Bogor. Salah satunya adalah tempat penyangga tilin cristal bergaya Bohemian dan karpet langka dari Persia yang melapisi lantai ruang utama di Istana Bogor.

Karya Seni Istana Bogor
Karya Seni Istana Bogor

Koleksi istana meliputi

  • 450 lukisan, di antaranya adalah ; karya pelukis Indonesia Basuki Abdullah, pelukis Rusia Makowski, dan Ernetst Dezentje
  • 360 patung

Susunan lantai keramik mewah yang tersebar di istana. Salah satu dari koleksi keramik yang paling mengesankan, berasal dari Rusia, sumbangan dari perdana Menteri Khrushchev di tahun 1960.

Hadiah hadiah kenegaraan, di antaranya adalah tengkorak harimau berlapis perak, hadiah dari Perdana Menteri Thanom Kittikachorn dari Thailand pada tahun 1958.

Kebun seluas 111 hektar ini didirikan pada tahu 1817 dan terletak disebelah Istana Bogor. Pendirinya adalah Prof. Dr. CG Rei nwa rdt, ahli botani Belanda. Di taman ini terdapat kira-kira 20. 0000 jenis tanaman, yang terdiri dari berbagai macam tanaman dari dalam maupun luar negeri, termasuk Anggrek dan Kaktus. Kebun ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, labolatorium dan museum zoologi, dan merupakan salah satu pusat terkenal di dunia dan sering dikunjungi oleh negeri. Di datam kebun ini terdapat bunga bangkai (Amorphophalus htanum Beccari), yang ditanam pada tahun 1912 sebanyak 11 pohon, berasal dari hutan Sumatera, dan ditemuka oleh ahli botani dari ltali, bernama Beccari.

Bunga ini mempunyai garis tengah 54 cm dan tingginya 2, 5 meter, dan berwarna ungu dan kuning. Kebun ini juga berfungsi sebagai tempat pariwisata dan rekreasi terutama banyak dikunjungi pada hari-hari besar dan libur. Di halaman kebun ini juga terdapat makam istri Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Jendral Inggris di Pulau Jawa yang bertugas dari tahun 1811 hingga 1816, dan pernah tinggal di Istana Bogor.

Banyaknya pohon di Kebun Raya ini membuat udara sejuk dan kaya akan oksigen. Ada lebih dari 17. 000 species termasuk jenis bunga anggrek yang langka. Pohon-pohon yang ada disini tidak hanya bersal dari datam negeri tetapi banyak pula yang berasal dari luar negeri. Yang selalu menarik untuk disaksikan adalah saat berkembangnya bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini memang unik karena ukuran yang besar dan bila berbunga akan mengeluarkan bau busuk sehingga diberi nama bunga bangkai.

penyelidikan ilmiah ahli botani dari luar raksasa atau bunga Disini kita dapat memandang kawasan hijau yang menenangkan ya ngjarangkita temui di kota-kota besar. Suara burungyangbernyanyi dapat pula kita dengarkan. Untuk menambah kecantikannya, terdapat pula kolam-kolam dengan pancuran air, sehingga kita dapat mendengar suara gemericik air. Bagi Anda yang membawa anak-anak, tempat ini sangat cocok karena ada banyak taman- taman yang luas sehingga putra putri Anda dapat leluasa bermain. Misalnya taman dekat kolam teratai yang merupakan tempat favorit bagi para keluarga untuk bermain dengan anak mereka. Ada pula jalan yang menyerupai koridor panjang dengan pohon-pohon besar di sisi kiri dan kanan. Kursi-kursi yang ada di antara pohon tersebut menjadi tempat yang nyaman setelah berjalan mengelilingi kawasan ini.

Museum Zoologi

Museum yang terletak di datam lingkungan Kebun Raya bogor ini didirikan pada tahun 1984 oleh Dr. J. G. Koningsberger. Di sini terdapat berbagai koleksi binatang-binatang yang sudah diawetkan, meliputi puluhan ribu species mamalia, serangga, reptilia, burung, ikan, keong, kerang, dan DAN lain-lain. Terdapat juga hewan jenis purba dan satwa langka.

Museum Zeologi Istana bogor
Museum Zeologi Istana bogor

Herbarium Bogoriense

Terletak di Jalan lr. H. Juanda, di sebelah Barat Kebun Raya Bogor. Di dalamnya tersimpan dan dipamerkan berbagai jenis daun dan buah yang telah dikeringkan, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

  • Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai (Amorphophalus Titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2 meter dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.
  • Pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang

Jam Buka

pukul 08. 00-17. 00 atau disesuaikan denga njam kerja. Meskipun demikian tidak setiap hari Istana Bogor dibuka untuk umum. Jika ada event-event tertentu, maka Istana Bogor menjadi kawasan tertutup bagi masyarakat. Untuk Kebun Raya Bogor, selalu terbuka setiap hari dengan jam buka pukul 08. 00-17. 00

Jam Buka Kebun Raya Bogor

  1. Kebun Raya: 07.30-17.30 WIB
  2. Kantor: 07.00-15.30 WIB
  3. Layanan Informasi: 08.00-16.00 WIB
  4. Herbarium: 08.00-15.00 WIB
  5. Rumah Kaca Anggrek: 08.00-15.30 WIB
  6. Toko tanaman dan Cinderamata: 08.00-15.30 WIB
  7. Cafe Dedaunan: 08.00-21.00 WIB
  8. Museum Zoologi: 08.00-16.00 WIB

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

  1. Wisatawan Lokal: Rp. 14.000,- / orang.
  2. Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang.

Tarif Masuk

Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2008, harga tiket masuk Kebun Raya Bogor termasuk Museum Zoology, disesuaikan menjadi

  • Pengunjung Rp 9. 500,-lorang
  • Parkir Mobil Roda 4 Rp 15. 000
  • Parkir Motor Roda 2 Rp 3. 000
  • Untuk masuk ke Museum Zooologi, dikenakan tarif Rp 1. 000

Pemotretan & promosi

dimamfaatkan masya rakat dibanyak negara kebun raya Dimamfaatkan sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat diminati karena menyajikan panorama arsitektur yang bernuansa alami. Sehubungan dengan hal tersebut Kebun Raya Bogor menyediakan fasilitas pemotretan bagi pengunjung.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 75, Tahun 2007

UraianKetentuanHarga (Rp.)
Pemotretan

1.       Komersial/Kalender/lklan

2.       Pengantin/Pribadi/Non Komersial

 

5 Mobil 15 Orang

3 Mobil 10 Orang

 

 

 

2,5juta

750ribu

 

 

Shooting (Tarif Perhari)

1.       Shooting Sinetron/Film

2.       Shooting lklan orang

3.       Shooting Video Klip

4.       Shooting Dokumentasi

 

 

15 Mobil 25 Orang

20 Mobil 30 Orang

10 Mobile 20 Orang

 

3juta

5juta

2juta

1,2juta

1,5juta

Promosi Produk Komersial

FasiIitas

Taman yang indah, kamar mandi dam toilet, udara yang sejuk, serta berbgai flora dan fauna yang ada di Istana Bogor maupun Kebun Raya Bogor, serta adanya fasilitas pemotretan

Fasilitas di Sekitar Kebun Raya Bogor.

Hotel dan Penginapan.
Di kawasan Kebun Raya Bogor terdapat rumah inap yang merupakan bekas rumah direktur kebun raya pada masa kolonial yang dapat disewa oleh pengunjung dengan tarif Rp. 40.000,- per malam. Tarif ini sudah termasuk fasilitas sarapan pagi. Anda juga bisa menginap di hotel yang lebih baik yang tidak jauh dari area wisata ini seperti Amaris Bogor, Sahira Butik, Salak the Heritage, Royal hotel dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bogor”.

Rumah Makan.
Di dalam tidak ada tempat makan lain kecuali Grand Garden Cafe (dahulu bernama Kafe Dedaunan). Yang ada hanya model penjual snack dan nasi kuning atau nasi uduk model koperasi yang sudah dipak-pak plastik.

Toilet Umum.
Anda bisa menemukan toilet umum di beberapa titik. Hanya sayangnya untuk menggunakan semua toilet tersebut, Anda harus membayar biaya kebersihan.

Toko Cinderamata.
Terdapat toko cinderamata yang menjual berbagai jenis tanaman hias baik yang biasa maupun bonsai yang bisa Anda jadikan kenang-kenangan dan menambah koleksi tanaman hias di rumah Anda.

Transportasi ke Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor

Untuk berwisata ke tempat ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Karena Kebun Raya Bogor terletak di tengah kota Bogor yang ramai. Atau bila Anda dari Jakarta dan malas membawa kendaraan peribadi, Anda dapat mencoba naik kereta. Ada banyak pilihan kereta bila Anda ingin ke kota Bogor, mulai dari kereta ekonomi hingga kereta ekspres. Anda tidak perlu menunggu lama di stasiun kota, karena kereta menuju Bogor ada setiap setengah jam sekali. Karena letaknya di tengah kota, maka Anda tidak akan kesulitan datam menemukan Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Jika menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, maka Anda jika dari Jakarta sebaiknya melalui jalan tol Jagorawi yang langsung menuju Bogor. Setelah sampai di Kota Bogor, maka Anda bisa langsung masuk kota untuk berkunjung ke Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor.

 

 

Loading...