SHARE
Binte Biluhutta
Binte Biluhutta

Ketika memasuki kota Gorontalo, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari masakan Binte Biluhuta. Di Kota Gorontalo ini, Anda dapat menikmati menusuk jagung mulai dari warung makanan dipinggir jalan hingga di restoran, keistimewaan makanan binte biluhuta terletak pada keragaman rasanya, ada rasa manis, asam, pahit dan pedas. Cara penyajiannyapun ‘eksotis’ berbeda dengan sub sub lainnya.

Resep Binte Biluhuta Khas Gorontalo via www.masakandapurku.com
Resep Binte Biluhuta Khas Gorontalo via www.masakandapurku.com

Pada saat anda bersiap menikmati masakan ini, bumbu-bumbu yang membuat rasanya berbeda, seperti cabe rawit dengan rasa yang pedas, daun pepaya dengan rasa yang pahit dan jeruk nipis dengan rasa yang asam diletakan pada wadah yang terpisah. Tergantung selera masing-masing hendak memilih rasa apa, jika Anda penggemar rasa pedas, boleh menambahkan cabe rawit yang sudah ditumbuk kasar.

Baca juga – Wisata Kuliner Gudeg Jogja dan Rahasia Resep yang Super Lengkap

Jika anda suka rasa pahit, iris daun pepaya tipis-tipis lalu campurkan kedalam sup. Begitu pula jika anda ingin rasa binte biluhuta dengan rasa asam, tambahkan perasa jeruk nipis, sehingga anda merasakan kuahnya yang asam segar berpadu dengan kriuk kriuk manis jagung dan harum kemangi. Meskipun mengunakan bahan utama ikan, masakan khas gorontalo ini tidak berbau atau terasa amis karena bau amis tersebut tertutupi oleh rasa asam, pahit atau pedas. Harga binte Buluhuta di kota Gorontalo sekitar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 perporsi.

Baca juga – Wisata Raja Ampat di Juluki Coral Reef Paradise Surga Terumbu Karang Terbesar Di Dunia

Menurut wikipedia masakan khs Gorontalo Binte Biluhuta

Binte Biluhuta (Milu Siram atau Sup Jagung) adalah makanan khas masyarakat Gorontalo. Makanan ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Dalam Bahasa Indonesia Binte yang artinya jagung dan orang Gorontalo sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram. Karena berbahan dasar jagung, makanan ini dapat menghancurkan kolesterol khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. 

Baca Juga – Resep Masakan Binte Biluhuta Sedap Special

Resep Binte Biluhuta makanan khas Gorontalo

Bahan Binte Biluhuta via www.lestariweb.com
Bahan Binte Biluhuta via www.lestariweb.com

Bahan-Bahan Binte Biluhuta

  • Bawang merah (iris tipis), 8 siung
  • Ongkol jagung manis (pipil), 3 pcs
  • Cabe merah (iris), 3 buah
  • Udang kupas, 250 gram
  • Cabe rawit merah (iris), 5 buah
  • Air bersih, 1500 ml
  • Kelapa (parut memanjang), 100 gram
  • Air jeruk nipis, 1 sdm
  • Garam dapur, 2 sdt
  • Gula pasir, 1 sdt
  • Tomat (potong-potong), 2 buah
  • Kemangi (ambil daunnya), 1 ikat kecil

Cara Membuat Binte Biluhuta

  1. Terlebih daulu yang dimasak adalah jagung manis, cabe merah, cabe rawit dan bawang merah dengan cara direbus pada api sedang atau hingga mendidih dan matang.
  2. Tambahkan parutan kelapa, potongan tomat, udang, air perasan jeruk nipis, garam dapur serta gula pasir ke dalam bahan rebusan di atas dan diaduk rata dan masak hingga matang.
  3. Kemudian anda tambahkan kembali bahan dari rebusan dengan daun kemangi yang sudah anda diikat. Aduk rata kembali sejenak lalu diangkat. Binte biluhuta siap disajikan untuk anda.

baca juga – Wisata Pantai Kuta Bali Memiliki Keindahan dengan Istilah “Sunset Beach”

Video Cara memasak binte biluhuta

Loading...